Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Siap Berkontribusi Restorasi Hutan Rusak Global

Pemerintah Indonesia siap berkontribusi dalam komitmen restorasi bentang alam skala nasional sebagai bagian dari Bonn Challenge.
/Ilustrasi-bernama.com
/Ilustrasi-bernama.com

Kabar24.com, PARIS – Pemerintah Indonesia siap berkontribusi dalam komitmen restorasi bentang alam skala nasional sebagai bagian dari Bonn Challenge.

Bonn Challenge merupakan komitmen global untuk merestorasi 150 juta hektare lahan terdegradasi dan lahan terdeforestasi pada tahun 2020.

“Pemerintah Indonesia akan mengajak partisipasi lembaga swadaya masyarakat dan kalangan bisnis,” kata Direktur Jenderal Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Hadi Daryanto dalam siaran pers, Jumat (4/12).

Hal itu dikatakannya dalam sebuah diskusi di Paviliun Indonesia di Paris, Prancis, dalam rangka Konvensi Perubahan Iklim PBB. Turut jadi panelis perwakilan Forum Komunikasi Konservasi Indonesia (FKKI) dan President World Resources Institute Andrew Steer.

Pemerintah sendiri berencana merestorasi 2 juta hektare (ha) lahan gambut yang rusak selama lima tahun mendatang. Restorasi akan dilakukan oleh Badan Restorasi Ekosistem Gambut.

KLHK mengestimasi dibutuhkan biaya Rp30 triliun–Rp54 triliun untuk kegiatan restorasi, baik dari segi hidrologi maupun vegetasi. BREG akan mengkoordinasikan instansi-instansi pemerintah terkait a.l. Kementerian Pekerjaan Umum dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Sementara itu, dari Konvensi Perubahan Iklim PBB dilaporkan tengah berlangsung negosiasi perumusan langkah aksi pencegahan perubahan iklim.

Ketua Delegasi WWF, lembaga konservasi alam, Tasneem Essop mengungkapkan negosiasi berlangsung alot untuk mencari jalan keluar guna melindungi dunia dari kerusakan akibat perubahan iklim.

“Para negosiator memerlukan kerja keras untuk mengubah teks negosiasi menjadi kesepakatan yang ambisius dan setara,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper