Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERTUMBUHAN EKONOMI: Jatim Jauh Lebik Baik dari Indonesia

Ekonomi Jawa Timur pada triwulan III/ 2015 mengalami pertumbuhan sebesar 5,44%, atau lebih baik dibanding nasional yang hanya mengalami pertumbuhan sebesar 4,73%.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 05 November 2015  |  20:32 WIB
PERTUMBUHAN EKONOMI: Jatim Jauh Lebik Baik dari Indonesia
Gubernur Jawa Timur Sukarwo atau biasa disapa Pakde Karwo - Antara
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA ---  Ekonomi Jawa Timur pada triwulan III/ 2015 mengalami pertumbuhan sebesar 5,44 persen, atau lebih baik dibanding nasional yang hanya mengalami pertumbuhan sebesar 4,73 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim Sairi Hasbullah di Surabaya, Kamis (5/11/2015), mengatakan baiknya pertumbuhan ekonomi Jatim disebabkan lapangan usaha di provinsi ini didominasi perindustrian, perdagangan dan pertanian, serta ditambah industri pengolahan dan konstruksi.

"Industri pengolahan bagus karena ini memang lokomotif ekonomi secara keseluruhan, sehingga sektor lain otomatis terstimulus," ucap Sairi.

Meski demikian, Sairi menyebutkan bila data itu dibandingkan dengan ekonomi Jatim pada triwulan yang sama 2014 maka mengalami penurunan, karena periode sebelumnya tumbuh sebesar 5,89 persen.

"Turunnya bila dibanding tahun lalu diakibatkan adanya perlambatan ekonomi dunia yang berimbas terhadap perekonomian di Jawa Timur," katanya.

Sementara dari sisi produksi hampir semua lapangan usaha Jatim tumbuh positif, kecuali kategori pengadaan listrik, gas dan produksi es yang mengalami kontraksi 3,47 persen.

Sairi mencatat, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Penyediaan Akomodasi Dan Makan Minum sebesar 7,85 persen, sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai engeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 8,97 persen.

Ia mengatakan, secara rinci struktur perekonomian Jawa Timur pada triwulan III/2015 didominasi oleh kategori industri pengolahan sebesar 28,57 persen, kategori pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 14,81 persen, dan kategori perdagangan besar eceran dan reparasi mobil-sepeda motor sebesar 17,38 persen.

Sementara itu, perekonomian Jatim triwulan III 2015 diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga yang berlaku, yakni mencapai Rp438,88 triliun, sedangkan PDRB atas dasar harga konstan mencapai Rp342,47 triliun.

"Banyaknya penduduk Jatim yang bekerja di sektor pertanian tak berbanding lurus dengan pertumbuhan perekonomian jika diukur berdasarkan PDRB, dan lapangan usaha sektor pertanian yang sebesar 36,57 persen hanya berkontribusi terhadap PDRB Jatim sebesar 14,8 persen," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jatim

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top