UIN Jakarta Gelar Diklat Konseling & Psikoterapi Pacu Daya Saing

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta menggelar pelatihan konseling dan psikoterapi praktis guna meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan perguruan tinggi itu.
Nurudin Abdullah | 02 November 2015 20:20 WIB
ilustrasi

Bisnis.com, TANGSEL-Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta menggelar pelatihan konseling dan psikoterapi praktis guna meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan perguruan tinggi itu.

Pelatihan dengan nara sumber Pakar Psikoterapi, Asep Haerul Gani itu meliputi teori psikologi antara laing mengenai incident recovery, psikodrama, terapi ego state, terapi fokus emosi, terapi somatic experiences, dan terapi gambar innerchild.

Selain itu, pelatihan upgrading skill yang diikuti 40 peserta tersebut juga mencakup praktik menjadi psikiater dan konselor serta mampu latihan menerapkan ilmu psikoterapi bagi diri sendiri (self healing).

Asep Haerul Gani mengatakan dalam konseling dan psikoterapi modern, klien adalah penentu tujuan terapi dan diposisikan sebagai ahli dalam masalahnya, sedangkan psikiater fokus pada sumber daya klien guna mengarahkan untuk mencapai tujuan.

“Untuk itu dalam memecahkan masalah klien, jangan terus berorientasi pada masalah tersebut, karena hal itu justru akan membuatnya bingung,” katanya seperti dikutip dari situs resminya, Senin (2/11/2015).

Menurutnya, selain mengenali masalahnya, psikiater harus fokus melihat sumber daya klien dan arahkan kemampuannya untuk memecahkan masalahnya, bukan malah memelihara masalah itu.

Sementara itu Abdul Rahman Shaleh, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Psikologi UIN Jakarta, menyatakan apresianya atas penyelenggaraan upgrading skill yang didukung para dosen fakultas tersebut sebagai panitianya.

Tag : psikologi, UIN Jakarta
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top