Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUMPAH PEMUDA: Inilah 5 Perempuan Inspiratif Simbol Karakter Cinta Bangsa

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober, situs penggalang dana sosial kitabisa.com berbagi pengalaman dari lima perempuan yang dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk peduli dengan masalah sosial di lingkungannya.
Perempuan inspiratif/
Perempuan inspiratif/

Bisnis.com, JAKARTA --  Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober,  situs penggalang dana sosial kitabisa.com berbagi pengalaman dari lima perempuan yang dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk peduli dengan masalah sosial di lingkungannya.

 Mereka, kata  Fuadiyah Kamil PR & Communication Officer kitabisa.com, Rabu (28/10/2015),  menujukkan diri sebagai sosok perempuan muda yang peka dan peduli pada masalah-masalah sosial di sekitarnya dan mengajak lebih banyak orang untuk turut membantu.

Siapa saja mereka? Ini dia, 5 perempuan muda yang mampu menggerakan banyak orang untuk turut peduli pada sesama.
Pertama Mesty Ariotedjo adalah seorang dokter, pemain harpa, bintang iklan dan filantropis. Mesty menginisiasi Children in Harmony, malam amal untuk anak-anak di Desa Ruteng, Flores, NTT agar kebutuhan pendidikan mereka memadai. Melalui kitabisa.com/ruteng, Mesty berhasil mengumpulkan hingga 260 juta rupiah untuk anak-anak di Ruteng. Dia  juga mendirikan WeCareId, satu ruang crowdfunding untuk kesehatan.

Kedua Caroline J. Monteiro adalah aktifis perempuan dan produser film dokumenter. Dia  mengajak publik mengupayakan beasiswa bagi survivor kekerasan seksual asal Flores melalui kitabisa.com/beasiswaati. Caroline yang bertemu Ati dalam salah satu perjalanannya membuat film itu kagum dengan ketangguhan dan semangat hidup Ati. Berkat upayanya, Ati mendapatkan beasiswa hingga 22 juta rupiah untuk terus melanjutkan sekolahnya di perguruan tinggi.

Ketiga Sri Lestari adalah wanita yang biasa dipanggil Mbak Sri. Sri kehilangan kakinya ketika usianya 23 tahun karena lumpuh. Namun tak ada yang membatasinya untuk berbagi. Sri telah berhasil melakukan perjalanan Aceh-Jakarta dan Manado-Makassar dengan sepeda motornya. Bukan perjalanan biasa, Sri akan berbagi motivasi pada kawan-kawan yang juga divabel di tiap kota yang disinggahi.

Melalui kitabisa.com/perjalananmbaksri, ia berhasil mengajak puluhan orang untuk turut membantu perjalanan inspiratifnya. 

Keempat Yeyen Nursjid, seorang wirausaha kerajinan etnik khas Indonesia. Ia senang berbagi cerita sehari-hari melalui laman facebook-nya. Yeyen memang senang memberi nilai lebih pada apa yang dilakukannya. Termasuk ketika ia berbagi kisah Kakek Timin, pedagang keliling, 84, yang memikul dagangan kelontong di sekitar rumahnya. Melalui kitabisa.com/kakektimin, Yeyen mengajak orang-orang untuk turut meringankan beban Kakek Timin dengan berdonasi. Aksinya sederhana, hanya dengan membagi ajakannya di sosial media. Hasilnya luar biasa, kini Kakek Timin lebih nyaman berjualan dengan grobak barunya.

Kemudian Dina Ramadhani, seorang pegawai swasta yang berbagi kisah tentang Bu Ani, seorang pemulung yang ditahan bos lapaknya. Ia menuliskannya di laman sosial media seperti facebook, twitter, path, dan line. Kisah Bu Ani menarik perhatian banyak pengguna sosial media. Untuk sekedar memberi like dan membagikan kisah Bu Ani hingga banyak tersebar. Ingin membantu lebih, Dina berinisiatif menggalang dana melalui kitabisa.com/tolongibuani. Dukungan dan bantuan yang diberikan sangat besar, 25 juta rupiah terkumpul dari 133 donatur yang ingin menolong Bu Ani.

Aksi yang mereka lakukan sederhana. Tapi dampaknya luar biasa. Memperingati Sumpah Pemuda, semoga lima perempuan muda ini dapat menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan muda lainnya. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Efita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper