Bareskrim Ungkap Perdagangan Manusia ke Timur Tengah

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri berhasil mengungkap praktik perdagangan manusia ke Timur Tengah.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 28 September 2015  |  15:20 WIB
Bareskrim Ungkap Perdagangan Manusia ke Timur Tengah
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA -- Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri berhasil mengungkap praktik perdagangan manusia ke Timur Tengah.

"Tentang ungkap perkara trafficking yang diungkap kemarin [Minggu] jam 01.30 WIB dini hari di wilayah Jati Sampurna, Bekasi," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Pol. Suharsono di Mabes Polri, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Suharsono mengatakan dari pengungkapan itu pihaknya telah mengamankan tiga orang berinisial CC, EM, dan AS. Saat ini ketiganya masih menjalani pemeriksaan dan pendalaman di Bareskrim Polri.

"Kasus ini atas pengaduan dari saudari GL yang menjadi korban trafficking yang dilakukan CC dan rekan-rekannya," katanya.

Suharsono mengungkapkan pada Agustus lalu, GL mengalami pelecehan seksual majikannya di Kairo, Mesir.

Ia melapor ke kepolisian setempat, namun lamban ditangani, hingga akhirnya dilaporkan ke KBRI. Mendapati laporan tersebut, KBRI segera meresponnya.

"Lalu dipulangkan ke Indonesia dan melapor ke Bareskrim," katanya.

Selain itu, Suharsono mengatakan berdasarkan pengembangan sementara selain GL, pelaku juga telah memberangkatkan 14 orang untuk dipekerjakan di Timur Tengah.

Saat ini 14 orang tersebut berada di Malaysia.

"Dari info tersebut, Polri berkoordinasi dengan KBRI di Kuala Lumpur dan pihak PDRM [Polisi Diraja Malaysia]. Pihak PDRM langsung bergerak dan bisa diamankan 14 orang itu di shalter KBRI," ujarnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
human trafficking, perdagangan manusia

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top