Tragedi Mina Telan Korban, Wapres JK Berbelasungkawa

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya jemaah haji dari sejumlah negara dalam tragedi di Mina, Arab Saudi, Kamis(24/9).
Abdul Hamied Razak | 24 September 2015 23:30 WIB
Proses evakuasi korban tragedi Mina - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya jemaah haji dari sejumlah negara dalam tragedi di Mina, Arab Saudi, Kamis(24/9).

Kalla berharap jumlah korban meninggal, khususnya jemaah haji asal Indonesia, tak bertambah banyak.

"Wapres Jusuf Kalla menyampaikan duka cita yang mendalam atas tragedi Mina yang kembali menelan korban," kata Husain Abdullah, juru bicara Wapres, kepada wartawan, Kamis (24/9/2015).

Menurut dia, peristiwa tersebut boleh jadi karena faktor kepanikan yang menyebabkan jemaah haji dalam jumlah besar berdesak-desakan dan mengakibatkan jatuh korban jiwa.

Menurut Kalla, memang tidak mudah mengelola jutaan orang dalam waktu bersamaan sehingga jika terjadi kepanikan mudah menimbulkan korban.

Oleh karena proses ibadah haji masih berlangsung, Kalla meminta seluruh rombongan jemaah haji Indonesia agar disiplin dengan mematuhi pembimbing masing masing.

Wapres juga mengimbau agar jemaah menjaga kesehatan mengingat cuaca panas yang cukup menguras tenaga dan perlu ketahanan fisik.

Kalla kini berada di New York, Amerika Serikat, untuk menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tag : Ibadah Haji
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top