Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Marching Band di Jember Diikuti 9 Negara

Sebanyak sembilan negara mengikuti kejuaraan internasional Jember Open Marching Band Competition IV yang digelar di Gedung Olahraga PKPSO Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 18-20 September 2015.
Marching band/Antara
Marching band/Antara

Kabar24.com, JEMBER-- Sebanyak sembilan negara mengikuti kejuaraan internasional "Jember Open Marching Band Competition IV" yang digelar di Gedung Olahraga PKPSO Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 18-20 September 2015.

"Sembilan negara yang ikut berpartisipasi dalam Jember Open Marching Band adalah Afrika Selatan, Malaysia, Filipina, China, Hong Kong, dan lima peserta individual dari Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia," kata Ketua Panitia Tri Basuki usai pembukaan kompetisi Jember Marching Band di halaman Pemkab Jember, Jumat (18/9/2015) malam.

Jember Open Marching Band Competition ke IV tahun 2015 mengusung tema "Persahabatan Jember untuk Dunia", dengan harapan melalui kegiatan olahraga seni itu dapat terciptakan persahabatan antarpemain dan negara.

Sebanyak 25 marching band dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia juga akan bersaing dengan peserta dari negara lain untuk memperebutkan juara dalam kompetisi itu, baik kategori kelompok maupun perorangan.

"Peserta marching band Indonesia di antaranya berasal dari Jember, Balikpapan, Yogyakarta, Denpasar, Makasar, dan Malang," kata Tri.

Sembilan Juri

Kompetisi marching band internasional itu akan dinilai oleh sembilan juri baik juri dalam negeri maupun luar negeri yang dilibatkan langsung untuk menilai penampilan puluhan peserta yang akan memukau penonton.

"Juri dari luar negeri yakni Kosin Suebprasitwong dari Thailand, Tang Chia Hoe dari Malaysia, Takuya Wada dari Jepang, dan Fadiel Gasant dari Afrika Selatan," tuturnya.

Ada beberapa kategori dalam kompetisi marching band internasional itu yakni marching show band, drumline battle, color guard contest, dan individual contest yang semuanya digelar di arena GOR PKPSO Kaliwates.

Pada kejuaraan marching band tahun ini, lanjut dia, organisasi marching band tingkat dunia yakni Drum Corp Internatinal (DCI) dari Amerika Serikat akan mendukung kegiatan Jember Open Marching Band Competition lebih besar lagi, sehingga tidak hanya diikuti oleh negara Asia dan Afrika saja.

"Tahun depan, DCI juga akan meninjau kesiapan Jember Marching Band yang akan mengikuti Kejuaraan Dunia di Indianopolis, Amerika Serikat," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper