Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERUSUHAN TOLIKARA: Kapolri, 4 Orang Tersangka

Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti mengatakan saat ini instansinya sudah menetapkan empat tersangka kasus kerusuhan di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua. Semua tersangka masih dalam pemeriksaan di Kepolisian Daerah Papua.
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti (kanan)/Antara
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti (kanan)/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti mengatakan saat ini instansinya sudah menetapkan empat tersangka kasus kerusuhan di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua. Semua tersangka masih dalam pemeriksaan di Kepolisian Daerah Papua.

"Yang paling utama, ada empat tersangka," kata Badrodin di gedung Kejaksaan Agung, Rabu (22/7/2015).

"Perihal namanya, belum bisa saya jelaskan. Nanti saja, karena masih dalam pemeriksaan."

Badrodin mengatakan saat ini polisi masih memeriksa puluhan saksi. Yang terbaru, kata Badrodin, polisi memeriksa lima saksi dalam kaitan dengan kerusuhan di Tolikara. Saksi-saksi yang berasal dari berbagai unsur itu dihadirkan kepolisian untuk menemukan titik terang ihwal bagaimana penyerangan terjadi.

Badrodin mengatakan, saat ini yang terpenting yakni mendinginkan situasi yang masih panas di Tolikara. Juga melakukan antisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi di daerah lain. Apalagi, kata Badrodin, di Yogyakarta mulai ada indikasi perusakan tempat ibadah.

"Saya sudah perintahkan jajaran polda setempat untuk berkoordinasi dengan para pemimpin umat beragama, baik muslim maupun nonmuslim, terutama ormas Islam," ujar Badrodin.

 "Yang terpenting adalah mari kita sikapi kasus ini dengan kepala dingin dan tidak bersifat emosional. Percayakan penanganannya kepada Polri, sehingga tidak terjadi hal-hal yang memperparah situasi. Mari kita jaga kerukunan antar-umat agama, karena kasus ini baru kali ini terjadi."

Bentrokan terjadi pada Jumat (17/7/2015), ketika puluhan orang yang diduga anggota jemaat Gereja Injili di Indonesia (GIDI) memprotes penyelenggaraan salat Ied di lapangan Markas Komando Rayon Militer 1702-11/Karubaga. Mereka beralasan telah mengeluarkan surat pemberitahuan agar ibadah lebaran itu tak dilaksanakan di daerah tersebut karena berbarengan dengan acara seminar dan kebaktian kebangunan rohani (KKR) pemuda GIDI.

Polisi yang mengamankan lokasi salat sempat mengeluarkan tembakan peringatan. Namun,massa mengamuk hingga menyebabkan puluhan kios dan satu musala di sekitar lapangan habis terbakar. Seorang korban tewas dan belasan lainnya luka-luka terkena peluru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper