Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nusakambangan Siap Jadi Lokasi Eksekusi Mati Tahap III

Pulau Nusakambangan siap menjadi lokasi pelaksanaan eksekusi terpidana mati tahap III, kata Koordinator Lembaga Pemasyarakatan Se-Nusakambangan dan Cilacap, Jawa Tengah, Marasidin Siregar.
pancung-algojo-Ilustrasi
pancung-algojo-Ilustrasi

Bisnis.com, CILACAP - Pulau Nusakambangan siap menjadi lokasi pelaksanaan eksekusi terpidana mati tahap III, kata Koordinator Lembaga Pemasyarakatan Se-Nusakambangan dan Cilacap, Jawa Tengah, Marasidin Siregar.

"Pada prinsipnya, kami siap jika Nusakambangan kembali dijadikan sebagai lokasi eksekusi," kata Kepala lapas Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan Marasidin di sela-sela kegiatan open house Idulfitri 1 Syawal 1436 H di rumah dinasnya, Jumat (17/7/2015).

Dalam hal ini, katanya, pihaknya telah menyiapkan personel pemasyarakatan dari seluruh lapas di Pulau Nusakambangan dan Cilacap untuk mendukung pelaksanaan eksekusi tahap III.

Bahkan, lanjut dia, sarana dan prasana pendukung pelaksanaan eksekusi mati di Pulau Nusakambangan sudah lengkap.

"Untuk ruang isolasi bagi terpidana mati yang akan dieksekusi tetap berada di Lapas Besi. Tidak ada kendala krusial yang kami hadapi saat eksekusi tahap I dan II," katanya.

Akan tetapi, ucapnya, hingga saat ini pihaknya belum menerima informasi dari Kejaksaan Agung mengenai waktu pelaksanaan eksekusi tahap III termasuk nama-nama terpidana mati yang bakal dieksekusi.

Menurut dia, di Nusakambangan saat ini masih terdapat sekitar 50 terpidana mati yang menunggu eksekusi.

"Berdasarkan evaluasi dari eksekusi tahap I dan II, untuk tahap III harus bisa lebih baik lagi. Kapanpun dilaksanakan, kami siap," katanya.

Disinggung mengenai kunjungan keluarga narapidana, Marasidin mengatakan bahwa khusus untuk Idulfitri 1436 H, pihaknya memberikan kelonggaran bagi pembesuk yang ingin mengunjungi keluarganya di sejumlah lapas Nusakambangan.

Dalam hal ini, kunjungan pembesuk dibuka untuk seluruh lapas di Pulau Nusakambangan pada Senin (20/7) hingga Kamis (23/7).

Biasanya, kunjungan ke Lapas Terbuka, Lapas Batu, Lapas Besi, serta Lapas Narkotika dibuka pada Senin dan Rabu, sedangkan Lapas Kembangkuning, Lapas Permisan, dan Lapas Pasir Putih pada hari Selasa dan Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper