Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenko PMK: 6 Desa di Kab. Bangli Masih Tertinggal

Sebanyak enam desa di Kabupaten Bangli, Bali, masih masuk kategori desa tertinggal menurut Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 23 Juni 2015  |  13:44 WIB
Desa tertinggal - Ilustrasi/inspirasibangsa.com
Desa tertinggal - Ilustrasi/inspirasibangsa.com

Bisnis.com, DENPASAR - Sebanyak enam desa di Kabupaten Bangli, Bali, masih masuk kategori desa tertinggal menurut Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Padahal, keenamnya sudah mendapatkan dana program gerakan pembangunan desa terpadu atau Gerbangsadu yang digagas Pemprov Bali.

Adapun, dari total 633 desa di seluruh Bali,  sekitar 500 desa berkembang, dan 100 desa mandiri. Parameter yang digunakan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) untuk menilai desa didasarkan dari akses infrastrukur dasar, sarana dan prasana desa, pemerintahaan desa serta pelayanan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahaan Desa (BPMPD) I Ketut Lihadnyana menegaskan kendati masih terdapat enam desa tertinggal, tetapi Bali dinilai daerah yang berhasil meningkatkan kesejahteraan kemiskinan.

Pulau Dewata ini bahkan ditetapkan sebagai proyek percontohan penanganan desa tertinggal oleh Kemenko PMK.

Melalui program itu, pemerintah pusat akan membantu meningkatkan kesejahteraan di desa tertinggal agar menjadi desa mandiri dengan cara merumuskan perencanaan secara komprehensif.

“Pemprov Bali kan sudah melakukan gerbangsadu, nantinya program ini agar bisa koordinasi agar dana desa, bantuan pusat kepada desa lebih diarahkan kepada pembangunan infrastruktur kepada masyarakat, selain itu kita lakukan pendampingan maksimal,” jelasnya.

Dia menegaskan pemerintah pusat akan membantu perencanaan mengentaskan kemiskinan agar desa tertinggal di Bali dapat menjadi desa mandiri. Termasuk, lanjutnya, menyinergikan program pemerintah daerah seperti Gerbangsadu agar mempercepat pengentasan kemiskinan.

Lihadnyana optimistis ke depannya pemerintah dapat mengangkat status desa tertinggal menjadi mandiri, karena akan memperbesar dana desa. Pasalnya, hakekat desa maju akan berimbas ke kabupaten dan provinsi serta ujungnya adalah nasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali desa tertinggal
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top