Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Diminta Pilih Produk Berlabel SNI, Jeli Perhatikan Kedaluwarsa

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengimbau masyarakat untuk jeli dalam membeli produk berlabel SNI guna meningkatkan daya jual produk dalam negeri.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com,SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengimbau masyarakat untuk jeli dalam membeli produk berlabel SNI guna meningkatkan daya jual produk dalam negeri.

"Ini ada produk-produk lokal yang harus kita beli dan kita cintai. Perhatikan betul di sini ada SNI nya. Ada tanggal kedaluwarsa dan komposisinya. Produk dalam negeri inilah yang kita harapkan akan menjadi pilihan kita semua, khususnya masyarakat Jawa Tengah," tutur Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam keterangan resminya, Rabu (17/6/2015).

Imbauan Ganjar disampaikan mengingat banyak masyarakat yang membeli produk tertentu tanpa memperhatikan label Standar Nasional Indonesia atau SNI dan masa berlaku produk pangan yang hendak dibeli.

Padahal, kejelian masyarakat menjelang Lebaran tahun ini sangat diperlukan untuk menjaga keamanan dan mendorong penjualan industri domestik.

Ganjar meyakinkan kepada masyarakatnya untuk tidak risau terhadap ketersediaan dan keamanan bahan pangan pada Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Operasi pasar yang gencar dilakukan pemerintah setempat dan dinas terkait diklaim berhasil menjamin pasokan dan stabilitas harga bahan pangan.

Bahkan, pantauan komoditas tersebut sudah mengoptimalkan teknologi informasi.

"Kita menjaga kebutuhan pangan di wilayah Jateng. Bahkan, Bulog sudah kita kontak. Lima bulan beres. Bank Indonesia (BI) sudah bekerja sama dengan kami. Sudah ada dashboard system yang saya baca setiap hari. Kabupaten/kota memasukkan datanya ke sistem kami,” paparnya.

Apabila terjadi kondisi mengkhawatirkan, menurut Ganjar, akan ada tanda alert warna merah. Dia mengklaim pasokan pangan di Jateng aman yang ditandai dengan warna hijau. Langkah tersebut, ujarnya, termasuk upaya mengendalikan inflasi di wilayahnya.

Meski pantauan komoditas intens digelar, Ganjar mengimbau agar masyarakat tetap menjadi konsumen cerdas kala Ramadan dan Idulfitri.

Kejelian dalam memeriksa informasi kemasan merupakan langkah awal yang wajib dilakukan setiap orang.

Konsumen cerdas, imbuhnya, juga ditandai dengan adanya kemampuan berbelanja sesuai kebutuhan sehingga tidak boros.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper