Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SIDANG ISBAT: Bulan Terhalang Mendung, Awal Ramadan 18 Juni

Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama wilayah Sumatra Barat akan melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk menetapkan awal Ramadan 1436 Hijriah di kawasan Bukit Lampu Padang .
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama wilayah Sumatra Barat akan melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk menetapkan awal Ramadan 1436 Hijriah di kawasan Bukit Lampu Padang .

"Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Selasa menjelang matahari terbenam di kawasan Bukit Lampu Kecamatan Lubuk Begalung Padang sebagai acuan dalam menetapkan jatuhnya 1 Ramadan 1436 Hijriah," kata Kabag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, M Rifki.

Ia mengatakan rukyatul hilal akan dilakukan sekitar pukul 17.00 WIB dengan menggunakan alat sejenis teropong yang disebut Teodolit untuk melihat posisi bulan.

Jika pada saat dilakukan rukyatul hilal cuaca mendung atau hujan sehingga bulan tidak terlihat berarti Syaban ditetapkan menjadi 30 hari dimana awal Ramadhan ditetapkan menjadi 18 Juni.

Ia menjelaskan berdasarkan perhitungan hisab, awal Ramadan 1436 Hijriah jatuh pada 18 Juni.

Namun, dalam menetapkan awal Ramadhan pemerintah juga melakukan rukyatul hilal dan kemudian ditetapkan melalui sidang isbat yang digelar Kementerian Agama.

Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Kemenag akan menggelar sidang penetapan awal puasa pada Selasa 16 Juni 2015 dengan mengundang sejumlah ulama, perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam dan ahli ilmu falak/astronomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper