Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pansel Pimpinan KPK Gandeng LSM Cari Orang Daerah

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menggandeng sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk melakukan sosialisasi dan mencari calon yang layak mengikuti proses penjaringan komisioner lembaga anti-rasuah itu.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 10 Juni 2015  |  15:53 WIB
Ketua Tim Pansel Calom Pimpinan KPK, Destri Damayanti - Bisnis.com/Dika Irawan
Ketua Tim Pansel Calom Pimpinan KPK, Destri Damayanti - Bisnis.com/Dika Irawan

Kabar24.com, JAKARTA—Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menggandeng sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) untuk melakukan sosialisasi dan mencari calon yang layak mengikuti proses penjaringan komisioner lembaga anti-rasuah itu.

Betti Alisjahbana, Anggota Pansel Calon Pimpinan KPK, mengatakan pihaknya telah menyepakati pelaksanaan focus group discussion (FGD) di sembilan kota dengan sejumlah LSM, seperti Indonesia Corruption Watch, Kemitraan, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia, Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran, dan Transparency International Indonesia.

“Kami bertemu dengan beberapa perwakilan dari masyarakat, dan sepakat untuk melakukan seminar, dan FGD, sekaligus melakukan sosialisasi proses seleksi calon pimpinan KPK di sembilan kota,” katanya di Komplek Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (10/6).

Betti menuturkan pihaknya juga akan menghidupkan kembali gerakan antikorupsi di Surabaya, Padang, bandung, Balikpapan, Yogyakarta, Depok, Pontianak, Medan, dan Makasar. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memperkuat pencegahan korupsi yang selama ini sudah dilakukan.

Menurutnya, anggota Pansel Calon Pimpinan KPK akan menyebar untuk melakukan sosialisasi di kota tersebut, sekaligus mengajak sosok yang dianggap layak untuk mengisi posisi pimpinan KPK untuk mendaftarkan dirinya.

“Sampai saat ini sudah ada 39 pendaftar, yang terdiri dari 37 orang pria dan dua orang lainnya wanita,” ujarnya.

Betti juga menyebutkan pendaftar yang ada saat ini memiliki latar belakang pekerjaan yang beragam, seperti Pegawai Negeri Sipil, akademisi, pengacara, karyawan swasta, dan penegak hukum. Latar belakang pendidikannya pun berada di sekitar sarjana hukum, sarjana ekonomi, dan sarjana teknik.

“Penegak hukum yang sudah mendaftar menjadi calon pimpinan KPK adalah beberapa penyidik Polri, dan penyidik Kejaksaan,” ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lsm Pansel KPK
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top