Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DJAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Usul Nama Kebagusan Jakarta Selatan

Kebagusan adalah sebuah kawasan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Wilayahnya berbatasan dengan Pasar Minggu di sebelah utara, Ragunan di barat, Lenteng Agung di timur dan Jagakarsa di selatan.
Taman Spathodea di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan/Jakarta.go.id
Taman Spathodea di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan/Jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA- Kebagusan adalah sebuah kawasan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Wilayahnya berbatasan dengan Pasar Minggu di sebelah utara, Ragunan di barat, Lenteng Agung di timur dan Jagakarsa di selatan.

Kawasan tersebut menjadi terkenal karena terdapat kediaman Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia.

Dari mana nama Kebagusan berasal? Zaenuddin HM menjelaskan di dalam bukunya berjudul “212  Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Dijelaskan bahwa nama Kebagusan menurut legenda bermula dari nama seorang wanita cantik asal Banten yang tinggal di Batavia.

Namanya Nyai Tubagus Latak Lanang, yang pada masa itu dia laksana primadona kampung lantaran wajahnya yang cantik.

Selain itu fisiknya bagus dan baik ahlaknya sehingga tidak heran jika banyak lelaki yang menyukai dan ingin menyuntingnya.

Lantaran tidak suka kemaksiatan dan hal-hal yang bersifat negatif, Nyai Tubagus pergi menyepi ke daerah selatan dengan niat bertapa dan mendoakan agar kawasan tempat tinggalnya aman dan sejahtera.

Bukti perihal wanita ini terlihat adanya makam Ibu Bagus, begitu sebutan warga Kebagusan, yang terletak di Jalan Kebagusan II RT.001/07.

Ada dua versi menyebutkan tentang kematian Nyai Tubagus. Pertama diduga dia dibunuh seorang pria akibat persaingan antara beberapa laki-laki yang hendak menyuntingnya.

Versi Kedua, diduga dia meninggal akibat kebakaran besar yang menghanguskan hutan jati pada masa itu yang sekarang daerahnya bernama Jati Padang, tidak jauh dari kawasan Kebagusan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper