Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harimau Benggala di Bali Zoo Jalani Medical Check Up

Bali Zoo mengadakan pemeriksaan kesehatan untuk Harimau Benggala yang bernama Rinjani dan kini telah berumur tiga tahun.

Bisnis.com, DENPASAR--Bali Zoo mengadakan pemeriksaan kesehatan untuk Harimau Benggala yang bernama Rinjani dan kini telah berumur tiga tahun.

Emma Kristiana Chandra, Public Relations Executive Bali Zoo mengatakan, harimau betina yang lahir pada 11 Juni 2012 tersebut menjalani proses cek kesehatan yang meliputi pemeriksaan kulit, mata, telinga, gigi, dan pengambilan sampel darah untuk mengetahui kondisi tubuh secara keseluruhan.

"Kami rutin melakukan medical check up untuk seluruh satwa dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan seperti harimau benggala ini secara lengkap sehingga dapat terhindar dari penyakit serta dapat hidup lebih lama," tuturnya melalui rilis yang diterima Bisnis, Rabu (13/5/2015).

Dia menyatakan, proses pengecekan kesehatan harimau benggala tersebut diawali dengan melakukan pembiusan yang sudah sesuai dengan prosedur Animal Welfare. Kemudian dilanjutkan dengan pemindahan menggunakan tandu transfer menuju klinik untuk menjalani urutan cek kesehatan oleh dokter hewan Bali Zoo.

"Selain melakukan cek kesehatan, seluruh satwa kami juga rutin diberikan sesi program enrichment," terangnya. Berdasarkan IUCN, harimau benggala merupakan satwa yang terancam punah. Ancaman utama kepunahannya disebabkan oleh manusia melalui perusakan habitat serta perburuan liar.

"Kami sebagai lembaga konservasi berkomitmen untuk mendukung pelestarian terhadap harimau dan satwa liar lainnya yang semakin sedikit populasinya. Kami mempunyaj delapan ekor harimau benggala yang sukses bereproduksi alami di Bali Zoo dan tumbuh dengan sehat hingga sekarang," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Natalia Indah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper