Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK & IAEI Gandeng UI Kembangkan Keuangan Syariah

Otoritas Jasa Keuangan RI (OJK) dan DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengembangkan sistem keuangan syariah.

Bisnis.com, JAKARTA--Otoritas Jasa Keuangan RI (OJK) dan DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengembangkan sistem keuangan syariah.

Kerja sama dilakukan dengan menggelar Forum Riset Ekonomi Keuangan Syariah 2015 (FREKS 2015) bertajuk “Menata Sistem Keuangan Syariah Nasional yang Kokoh, Stabil dan Inklusif”. Kegiatan diadalah selama dua hari, yakni 28April – 29 April 2015 di kampus UI Depok.

Pada rangkaian pembukaan FREKS 2015, diselenggarakan policy forum yang berdiskusi tentang kebijakan dan strategi pengembangan ekonomi dan sektor keuangan syariah Indonesia dengan menghadirkan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Ketua OJK Muliaman D. Hadad.
Penyelenggaraan FREKS 2015 didasarkan atas semangat untuk mengembangkan sistem ekonomi dan sektor jasa keuangan syariah. Adapun, rangkaian kegiatan FREKS 2015 terdiri atas kompetisi dan presentasi papers peneliti yang diseleksi dari call for papers, kegiatan general lectures oleh pakar keuangan syariah, dan side events bernuansa akademik lainnya.

Mengacu pada RPJPMN Tahun 2015-2019 yang telah disahkan presiden melalui PP No. 2 Tahun 2015, disebutkan bahwa perlu adanya kebijakan dan arahan strategis otoritas keuangan dan kementerian terkait di dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. Pelaksanaan policy forum FREKS 2015 tersebut menjadi relevan dan bermanfaat sebagai bagian dari proses pengembangan kebijakan dan arah strategis pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional.
Maka melalui kerjasama yang melibatkan pemerintah, kelembagaan negara serta lembaga perguruan tinggi diharapkan mampu mengoptimalkan potensi pengembangan kegiatan ekonomi dan keuangan syariah.

Saat ini, UI telah memiliki program studi S1 Ilmu Ekonomi Islam dan Bisnis Islam yang bernaung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Keikutsertaan UI pada kegiatan FREKS 2015 merupakan bentuk dukungan UI akan pengembangan sistem perekonomian baru Indonesia yaitu keuangan syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper