Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OJK & IAEI Gandeng UI Kembangkan Keuangan Syariah

Otoritas Jasa Keuangan RI (OJK) dan DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengembangkan sistem keuangan syariah.
Riendy Astria
Riendy Astria - Bisnis.com 29 April 2015  |  07:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Otoritas Jasa Keuangan RI (OJK) dan DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengembangkan sistem keuangan syariah.

Kerja sama dilakukan dengan menggelar Forum Riset Ekonomi Keuangan Syariah 2015 (FREKS 2015) bertajuk “Menata Sistem Keuangan Syariah Nasional yang Kokoh, Stabil dan Inklusif”. Kegiatan diadalah selama dua hari, yakni 28April – 29 April 2015 di kampus UI Depok.

Pada rangkaian pembukaan FREKS 2015, diselenggarakan policy forum yang berdiskusi tentang kebijakan dan strategi pengembangan ekonomi dan sektor keuangan syariah Indonesia dengan menghadirkan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Ketua OJK Muliaman D. Hadad.
Penyelenggaraan FREKS 2015 didasarkan atas semangat untuk mengembangkan sistem ekonomi dan sektor jasa keuangan syariah. Adapun, rangkaian kegiatan FREKS 2015 terdiri atas kompetisi dan presentasi papers peneliti yang diseleksi dari call for papers, kegiatan general lectures oleh pakar keuangan syariah, dan side events bernuansa akademik lainnya.

Mengacu pada RPJPMN Tahun 2015-2019 yang telah disahkan presiden melalui PP No. 2 Tahun 2015, disebutkan bahwa perlu adanya kebijakan dan arahan strategis otoritas keuangan dan kementerian terkait di dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. Pelaksanaan policy forum FREKS 2015 tersebut menjadi relevan dan bermanfaat sebagai bagian dari proses pengembangan kebijakan dan arah strategis pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional.
Maka melalui kerjasama yang melibatkan pemerintah, kelembagaan negara serta lembaga perguruan tinggi diharapkan mampu mengoptimalkan potensi pengembangan kegiatan ekonomi dan keuangan syariah.

Saat ini, UI telah memiliki program studi S1 Ilmu Ekonomi Islam dan Bisnis Islam yang bernaung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Keikutsertaan UI pada kegiatan FREKS 2015 merupakan bentuk dukungan UI akan pengembangan sistem perekonomian baru Indonesia yaitu keuangan syariah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ojk
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top