Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konflik Timur Tengah, RI Inisiasi Satuan Kerja Negara Islam

Pemerintah Indonesia mengusulkan pembentukkan satuan kerja antara negara-negara organisasi kerja sama Islam untuk memfasilitasi solusi damai atas konflik di Timur Tengah.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 15 April 2015  |  17:06 WIB
Konflik Timur Tengah, RI Inisiasi Satuan Kerja Negara Islam

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah Indonesia mengusulkan pembentukkan satuan kerja antara negara-negara organisasi kerja sama Islam untuk memfasilitasi solusi damai atas konflik di Timur Tengah.

 Wakil Presiden Jusuf Kalla, mewakili negara, mendesak seluruh pihak untuk menggagas solusi atas konflik dan perseteruan yang terjadi di sejumlah negara Islam di Timur Tengah.

 “Kalau perlu kita bentuk task force [satuan kerja] antara negara OKI untuk fasilitasi bagaimana peacefull solution [solusi perdamaian],”ujarnya, Rabu(15/4/2015).

Para duta besar negara OKI sepakat atas inisiatif yang dilancarkan pemerintah Indonesia tersebut. Langkah selanjutnya, sambung Kalla, akan dibahas dalam sesi khusus pada penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika 2015 pekan depan di Jakarta dan Bandung.

Dalam kesempatan yang sama, Kalla juga menyampaikan sikap Indonesia atas konflik yang terjadi di Yaman. Dia meminta masalah di Yaman harus selesai melalui forum dialog mencapai solusi damai, tanpa tindak kekerasan apalagi perang besar.

Tindak kekerasan di Yaman sudah berlangsung cukup lama. Pada 2011 kisruh terjadi ketika Presiden terpilih Ali Abdullah Saleh digulingkan oleh kelompok Houthi. Mereka menaikkan Wakil Presiden Abedrabbo Mansour Hadi sebagai orang nomor satu di Yaman.

Masalah tak langsung reda. Houthy belum puas dengan kepemimpinan Hadi yang dinilai korup. Puncaknya terjadi ketika Hadi mengumumkan rancangan konstitusi baru untuk pembentukkan enam kawasan federasi Yaman yang dianggap sebagai langkah melemahkan Houthi. Pemberontakan pun kembali terjadi dengan satu misi, menggulingkan kepemimpinan Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timur tengah NEGARA ISLAM
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top