Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

The Fed Pastikan Suku Bunga Naik Mulai Tahun Ini

Bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve kian mensinyalkan suku bunga (fed fund rate/FFR) akan naik perlahan mulai tahun ini, tanpa menunggu inflasi dan laju pertumbuhan upah kembali ke level stabilnya.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 28 Maret 2015  |  13:15 WIB
/Reuters
/Reuters

Kabar24.com, SAN FRANSISCO – Bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve kian mensinyalkan suku bunga (fed fund rate/FFR) akan naik perlahan mulai tahun ini, tanpa menunggu inflasi dan laju pertumbuhan upah kembali ke level stabilnya.

Gubernur The Fed, Janet Yellen dalam pidatonya di San Fransisco yang digelar Jumat (27/3/2015) waktu setempat atau Sabtu (28/3/2015) WIB menyampaikan kenaikan suku bunga akan dilaksanakan secara perlahan.

“Dengan pemulihan ekonomi yang konsisten berlanjut, kenaikan suku bunga dapat ditempuh tahun ini,” kata Yellen dalam pidato kebijakan moneternya di San Fransisco.

Yellen mengakui inflasi inti yang melemah dan pertumbuhan upah yang lambat memang menjadi pertimbangan utamanya dalam memutuskan kenaikan suku bunga. Namun dia memastikan normalisasi moneter tidak harus menunggu inflasi menanjak persis ke level 2%, target yang ditetapkan bank sentral.

Pascapertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) yang digelar dua hari selama 17-18 Maret lalu, Yellen menyatakan dia masih harus menunggu sejumlah data sebelum memutuskan kenaikan suku bunga yaitu tingkap pengangguran, upah, inflasi, dan belanja konsumen.

Sebagian rekannya yang merupakan gubernur The Fed negara bagian memprediksi suku bunga akan dinaikkan pada Juni atau September-Oktober mendatang. Pasar saham dunia bergejolak fluktuatif, menunggu kepastian keputusan Yellen.

“Kita harus menyikapi kenaikan suku bunga pertama sejak 2008 ini dengan hati-hati, mengacu pada data-data ekonomi. Laju kenaikan suku bunga bisa lambat, cepat, atau terhenti sesaat, tergantung pada situasi perekonomian, papar Yellen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suku bunga acuan the federal reserve

Sumber : Reuters

Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top