Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timses Jokowi Jadi Komisaris Mandiri, Setkab: Itu Sesuai RUPS

Istana Kepresidenan buka suara adanya tim sukses capres Joko Widodo yang ditunjuk menjadi komisaris independen PT Bank Mandiri Tbk. yaitu Cahaya Dwi Rembulan Sinaga.
Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto
Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto

Bisnis.com, JAKARTA - Istana Kepresidenan buka suara adanya tim sukses capres Joko Widodo yang ditunjuk menjadi komisaris independen PT Bank Mandiri Tbk. yaitu Cahaya Dwi Rembulan Sinaga.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengetahui kader PDI Perjuangan tersebut menjadi komisaris Bank BUMN. "Arahan presiden itu disesuaikan dengan kebutuhan dari BUMN," katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (19/3/2015). 

Andi menambahkan penunjukan Cahaya sebagai komisaris telah melewati proses assesment baik dari Kementerian BUMN dan pemegang saham. Dia diangkat menjadi komisaris Mandiri berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham beberapa waktu lalu. 

Saat itu, mantan Gubernur BI Darmin Nasution dipercaya menjadi Komisaris Utama dan Budi Gunadi Sadikin kembali menjabat Direktur Utama. Andi menjelaskan dalam aturan yang ada, direksi dan komisaris utama harus mendapat persetujuan Presiden. 

"Yang lain berdasarkan RUPS masing-masing BUMN yang pengarahannya dari Kementerian BUMN," kata Andi yang juga timses Jokowi. Andi bersama Rini Soemarno yang kini Menteri BUMN saat itu menjabat sebagai deputi kantor transisi pemerintahan Jokowi-JK dengan pemerintahan SBY-Boediono.

Sejauh ini, Andi tidak mengetahui berapa BUMN yang jabatan strategisnya diisi oleh sukarelawan Jokowi-JK. Akan tetapi, Presiden Jokowi menginginkan jika ada timses yang menduduki jabatan strategis harus melalui assesment profesional sehingga yang duduk dalam posisi itu betul-betul kompeten. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper