Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Endriartono Sutarto Dinilai Tepat Sebagai Komisioner KPK

Nama mantan Panglima TNI, Jenderal TNI Purn. Endriartono Sutarto dinilai tepat untuk menjadi komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jika semua komisioner KPK yang ada saat ini, mengundurkan diri‎ karena terlibat dalam berbagai perkara di kepolisian dan berstatus sebagai tersangka.
Endriartono Sutarto/Antara
Endriartono Sutarto/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Nama mantan Panglima TNI, Jenderal TNI Purn. Endriartono Sutarto dinilai tepat untuk menjadi komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jika semua komisioner KPK yang ada saat ini, mengundurkan diri‎ karena terlibat dalam berbagai perkara di kepolisian dan berstatus sebagai tersangka.

Seperti diketahui, saat ini hanya ada dua pimpinan KPK yang perkaranya masih dalam proses di kepolisian yaitu Wakil Ketua KPK, Zulkarnain dan Adnan Pandu Praja. Sedangkan,  dua lainnya yaituKetua KPK, Abraham Samad dan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto telah ‎berstatus sebagai tersangka di kepolisian.

"Nama Endriartono Sutarto saya kira juga tepat untuk menjadi komisioner KPK," tutur Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), ‎Boyamin Saiman kepada Bisnis di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Menurut Boyamin, tidak masalah jika ada purnawirawan TNI yang ingin menjadi komisioner KPK saat ini, karena Boyamin menilai bahwa proses seleksi dan pemilihan calon pimpinan KPK terbuka untuk siapapun yang ingin mendaftar.

"Selama dia sudah melepas jubah TNInya atau sudah menjadi purnawirawan saya rasa tidak masalah ya," kata Boyamin.

Boyamin meyakini jika ada unsur TNI yang menjadi komisioner KPK, maka tidak akan terjadi lagi konflik antara KPK dan Polri yang seringkali terjadi beberapa tahun terakhir. Menurut Boyamin, konflik antara KPK dan Polri bukan hanya terjadi saat ini, namun beberapa tahun lalu konflik tersebut juga sering terjadi.

"Ini mungkin bisa jadi solusi untuk menghentikan konflik yang sering terjadi antara KPK dan Polri," tukas Boyamin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper