Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonomi Filipina Tumbuh 6,1% Selama 2014

Perekonomian Filipina tahun lalu dilaporkan tumbuh 6,1%, melambat setelah tumbuh masing-masing 7,2% dan 6,8% pada 2013 dan 2012. Namun, angka itu merupakan pertumbuhan tertinggi ketiga sepanjang sejarah.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  15:06 WIB

Bisnis.com, MANILA – Perekonomian Filipina tahun lalu dilaporkan tumbuh 6,1%, melambat setelah tumbuh masing-masing 7,2% dan 6,8% pada 2013 dan 2012. Namun, angka itu merupakan pertumbuhan tertinggi ketiga sepanjang sejarah.

Otoritas Statistik Filipina melaporkan belanja pemerintah dan konsumen serta kenaikan output manufaktur merupakan dua penyumbang utama pertumbuhan. Adapun, PDB kuartal IV/2014 tumbuh 6,9% (year-on-year), lampaui estimasi ekonom 6%.

“Sekarang kuncinya adalah mempercepat proyek-proyek infrastruktur untuk tetap mempertahankan kapasitas ekonomi negara sehingga menggempur pertumbuhan hingga 7%-8% per tahunnya,” ungkap ekonom Credit Suisse Group AG, Michael Wan, Kamis (29/1/2015).

Laporan PDB menunjukkan produksi industri tumbuh 9,2% dan belanja pemerintah naik 9,8% pada kuartal IV/2014, laju tercepat dalam enam kuartal terakhir. Adapun, sektor jasa tumbuh 6%.

Presiden Filipina Benigno Aquino sebelumnya menyampaikan dia akan memecahkan persoalan belanja yang tersendat untuk mencapai pertumbuhan 8% tahun ini dan tahun depan. Ambisinya itu dinilai dapat terwujud, setelah perlemahan harga minyak dunia melambatkan inflasi dan menggenjot konsumsi. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi filipina

Sumber : Bloomberg

Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top