Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Forum Advokat Desak Plt Kabareskrim Dicopot

Forum Advokat Pengawal Konstitusi (FAKSI) meminta Inspektur Jenderal Budi Waseso agar dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, menyusul upaya kriminalisasi terhadap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  16:32 WIB
Aktivis dari Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Polri melakukan aksi
Aktivis dari Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Polri melakukan aksi "Dukung Polri Bersih" di seberang Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (21/1). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Forum Advokat Pengawal Konstitusi (FAKSI) meminta Inspektur Jenderal Budi Waseso agar dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, menyusul upaya kriminalisasi terhadap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Saor Siagian, koordinator FAKSI mengatakan tindakan Budi Waseso menangkap Bambang Widjojanto telah merendahkan profesi advokat. "Kami merasa terhina dan diinjak oleh Budi Waseso," katanya saat hendak bertemu Wakapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti di gedung Rupatama Mabes Polri, Kamis, (29/1/2015).

Pasalnya, menurut dia, Bambang Widjojanto telah melakukan pekerjaan dengan baik sebagai advokat yaitu memandu orang awam dalam hukum ketika di pengadilan. "Memandu apa yang dialami dan dilihat saksi," katanya.

Namun, dia melihat tindakan yang telah dilakukan Kabareskrim dengan mengkriminalisasi Bambang merupakan pelanggaran yang sangat luar biasa terhadap profesi pengecara.

"Kalau saudara Budi Waseso masih dipertahankan, pesan yang sangat tidak menguntungkan bagi kepolisian."

Karena itu, dia meminta agar Wakapolri untuk melakukan tindakan tegas terhadap Irjen Pol. Budi Waseso sehingga marwah institusi kepolisian tetap terjaga.

Pihaknya juga akan melaporkan hal tersebut ke Propesi dan Pengamanan (Propam) dan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri.

Seperti dilaporkan, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditangkap Bareskrim pada Jumat pekan lalu atas dugaan memberikan keterangan saksi palsu pada sidang Mahkamah Konstitusi 2010 terkait Pemilukada Kotawaringin Barat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabareskrim KPK vs Polri
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top