Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Balikpapan Lelang Operator Angkutan Umum Koridor D & E

Pemerintah Kota Balikpapan segera membuka lelang operator untuk Sarana Angkutan Umum Masal (SAUM) koridor D dan E setelah proyek transportasi itu dianggap lolos ujicoba operasional.
 Pemerintah Kota Balikpapan segera membuka lelang operator untuk Sarana Angkutan Umum Masal (SAUM) koridor D dan E setelah proyek transportasi itu dianggap lolos ujicoba operasional./JIBI
Pemerintah Kota Balikpapan segera membuka lelang operator untuk Sarana Angkutan Umum Masal (SAUM) koridor D dan E setelah proyek transportasi itu dianggap lolos ujicoba operasional./JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pemerintah Kota Balikpapan segera membuka lelang operator untuk Sarana Angkutan Umum Masal (SAUM) koridor D dan E setelah proyek transportasi itu dianggap lolos ujicoba operasional. 

“Ini sudah diajukan ke Unit Layanan Pengadaan [ULP], mungkin akhir Januari ini lelang akan dibuka,” tutur Kepada Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana kepada wartawan, Senin (19/1/2015).

Dia mengatakan penumpang bus SAUM koridor D yang melayani rute dari Terminal Batu Ampar-Pelabuhan Ferry Kariangau itu kini mencapai 7.000 orang per bulan. Padatnya jumlah penumpang itu membuat pihaknya yakin dengan kelayakan SAUM untuk beroperasi. 

Menurutnya, kelayakan ujicoba tersebut telah membuat pembukaan lelang operator molor hingga akhir tahun setelah ujicoba operasional SAUM selama dua bulan diresmikan pada Mei 2014. Selama itu juga, Pemkot Balikpapan menanggung biaya operasional SAUM dengan APBD. 

Adapun biaya operasional yang harus ditanggung oleh Pemkot Balikpapan sejak ujicoba diresmikan hingga Desember 2014 adalah  kurang lebih mencapai Rp400 juta, dengan rincian Rp25 juta untuk bahan bakar bus dan Rp24 juta untuk gaji supir tiap bulannya.

“Dulu pertama kali diujicoba penumpangnya masih sedikit, sekitar 200 orang. Makanya kami tanggung. Karena enggak mungkin kita langsung lelang ke pihak lain, mereka kan tidak mungkin menutup rugi,” lanjutnya. 

Sudirman mengemukakan saat ini baru ada satu pihak konsorsium yang menunjukkan ketertarikan mengikuti lelang operator guna mengelola SAUM koridor D dan E. 

Dengan dibukanya lelang ini, pihaknya berharap dapat segera mendapatkan pemenang. Pasalnya, batas waktu bagi Pemkot Balikpapan untuk menunjang operasional SAUM hanya berlangsung hingga Maret mendatang. 

Lebih lanjut, Sudirman juga mengaku bahwa halte bus sebagai sarana dan prasarana SAUM untuk koridor E yang melayani rute Terminal Batu Ampar hingga Bandara Sepinggan. Namun, pihaknya telah merencanakan pembangunan dua halte pada tahun ini dengan anggaran sekitar Rp200 juta. 

“Nanti pemenang lelang akan mengelola yang ada dulu, yaitu koridor D. Nanti sambil disiapkan mereka bisa kelola koridor lain, prosesnya simultan. Tidak mesti harus jadi dulu semuanya baru lelang,” tambahnya.

Menurut Sudirman, saat ini proses pembangunan halte SAUM Koridor E baru sampai pada tahap penentuan wilayah pembangunan halte. Dia pun mengakui penentuan wilayah pembangunan pun tak mudah lantaran padatnya tempat tinggal warga. 

“Kan, di sepanjang jalan itu sudah ada warga yang menempati. Apa mereka mau di depan lahannya dibangun tanpa pembebasan? Yang harus pakai pembebasan itu yang jadi kendala,” tuturnya. 

Secara terpisah, Anggota DPRD Balikpapan Komisi III Faisal Tola mengatakan pihaknya berharap agar nantinya pengelola SAUM tak menetapkan tarif yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan tarif angkutan umum di Balikpapan. 

“Moda transportasi yang ini harus lebih murah daripada angkutan umum kota, jangan jadi lebih mahal. Dengan begitu kan lebih efektif, daya angkutnya  banyak, nyaman, dan tidak macet,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper