Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zona Euro Akhirnya Deflasi

Apa yang dicemaskan banyak pihak akhirnya terjadi. Jelang rapat Dewan Gubernur (DG) European Central Bank (ECB) yang dimulai 7 Januari 2015, zona euro terjerembab ke jurang deflasi.

Kabar24.com, FRANKFURT--Apa yang dicemaskan banyak pihak akhirnya terjadi. Jelang rapat Dewan Gubernur (DG) European Central Bank (ECB) yang dimulai 7 Januari 2015, zona euro terjerembab ke jurang deflasi.

Resesi Eropa diperkirakan terus berlanjut sepanjang 2015.

Eurostat, Kantor Statistik Uni Eropa, mengumumkan inflasi kawasan pada Desember 2014 menyentuh -0,2% atau terparah sejak 2009.

Inflasi sektor jasa yang mencapai 1,2% tidak mampu membendung penurunan harga komoditas energi yang terkontraksi hingga 6,3%.

Kepala Ekonom Berenberg Bank Holger Schmieding mengungkapkan deflasi zona euro di pengujung 2014 akan membawa dampak buruk sepanjang 2015.

"Selamat datang deflasi. Bahkan tanpa menghitung bahaya deflasi nantinya, ECB sudah dapat dikatakan gagal," katanya, Rabu (7/1).

Schmieding menambahkan ECB tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk meluncurkan operasi stimulus skala penuh untuk merespons merosotnya inflasi regional.

Pasalnya, spiral deflasi area euro akan membawa risiko melorotnya pertumbuhan kawasan yang sudah tertatih-tertatih sejak sepanjang 2014.

Jonathan Loynes, Kepala Ekonom Capital Economics, menuturkan ECB terlalu banyak membuang waktu untuk memperdebatkan perlu tidaknya suntikan stimulus.

Saat ini, tambahnya, pasar tidak lagi menunggu upaya ECB dan sudah mulai bereaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper