EKONOMI INGGRIS: Momentum Pemulihan Ekonomi Sirna, PMI Anjlok

Pertumbuhan aktivitas jasa Inggris Raya pada Desember melemah jauh di bawah estimasi ekonom sekaligus mengirimkan sinyal bahwa St George Cross kehilangan momentum pemulihan pada akhir tahun lalu.
Arys Aditya | 07 Januari 2015 02:30 WIB
Bendera Inggris. Ekspansi pada Desember terlemah. - Bisnis.com

Bisnis.com, LONDON--Pertumbuhan aktivitas jasa Inggris Raya pada Desember melemah jauh di bawah estimasi ekonom sekaligus mengirimkan sinyal bahwa St George Cross kehilangan momentum pemulihan pada akhir tahun lalu.

Markit Economics mengumumkan Purchasing Managers' Index (PMI) jasa Inggris Raya hanya 55,8 dari November yang mencapai 58,6, sedangkan estimasi median ekonom menunjukkan level 58,5.

Ekspansi Desember 2014 ini adalah yang terendah sejak Mei 2013 meski masih terselamatkan dari kontraksi.

Kepala Ekonom Markit Chris Williamson mengungkapkan survei sektor jasa bersama manufaktur dan konstruksi mengindikasikan Inggris Raya hanya mampu tumbuh 0,5% pada kuartal IV/2014 atau merosot 0,7% dari triwulan sebelumnya.

"Survei kami memperlihatkan momentum pertumbuhan industri telah hilang dan kini tugas pemerintah untuk menciptakan momentum lagi," ujarnya, Selasa (6/1/2015).

Konsensus ekonom Bloomberg memprediksi petinggi Bank of England akan mempertahankan suku bunga acuan 0,5%.

Ekonom menilai pada pertemuan pertama 2015 yang dijadwalkan terlaksana pada pekan ini, BOE akan tetap fokus menolong sektor riil melalui kebijakan moneter longgar.

Sumber : Bloomberg

Tag : ekonomi inggris
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top