Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jateng Jajaki Ekspor Mebel ke Afrika Selatan

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini menjajaki pasar baru ke Afrika Selatan untuk produk mebel dan kerajinan kayu yang menjadi komoditas unggulan di wilayah ini.

Kabar24.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini menjajaki pasar baru ke Afrika Selatan untuk produk mebel dan kerajinan kayu yang menjadi komoditas unggulan di wilayah ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng Edison P Ambarura mengatakan penjajakan pasar ekspor ke Afrika Selatan merupakan peluang emas mengingat negara tersebut tertarik dengan keunikan produk mebel asal Indonesia.

Dengan peluang tersebut, kata dia, Pemprov Jateng telah berkomunikasi dengan eksportir mebel untuk menggenjot produk mebel dan kerajinan kayu guna mendukung pasokan ke negara Afrika.

“Kami fokus tahun ini untuk buka pasar baru ke Afrika. Kemarin sudah promosi ke sana, responnya bagus,” ujar Edison, Senin (5/1).

Keseriusan pemerintah daerah, ujarnya, ditindaklanjuti dengan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan negara asal Nelson Mandela.

Edison mengakui beberapa produk kerajinan kayu dari Solo, Jawa Tengah telah melakukan ekspor terlebih dulu ke Afrika Selatan tahun lalu.

Dengan pengalaman tersebut, pihaknya menggandeng eksportir mebel dari Solo untuk memberikan informasi mengenai produk yang diminati atau produk yang laku terjual.

“Kusen pintu, ukiran kayu yang unik banyak digemari di sana. Itu hanya sebagian, mungkin bisa bertambah variasinya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper