Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putin Kirim Salam Natal dan Tahun Baru Kepada Pemimpin Dunia. Jokowi dan SBY Tak Disebut

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan ucapan salam Natal dan Tahun Baru kepada para kepala negara dan pemerintahaan.nn
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters

Kabar24.com, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan ucapan salam Natal dan Tahun Baru kepada para kepala negara dan pemerintahaan.

Dikutip dari situs resmi Kremlin, Putin mengirimkan salam kepada kepala negara-negara yang dulu bergabung dengan Uni Sovyet.

Mereka antara lain Presiden Belarus Alexander Lukashenko, Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon, Presiden Uzbekistan Islam Karimov, dan Presiden Azerbaijan Ilkham Aliyev.

Dia juga tak lupa mengirim salam untuk “rival”-nya, Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Kepada Obama dia mengatakan pada 2015 kedua negara akan memperingati 70 tahun kemenangan atas Nazi pada Perang Dunia II.

Putin mengatakan momen tersebut harus menjadi pengingat tanggung jawab AS-Rusia untuk mempertahankan stabilitas dan keamanan internasional.

Putin juga mengirimkan salamnya kepada kepala negara-negara Eropa Barat seperti Presiden Prancis Francois Hollande, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Ratu Inggris Elizabeth II.

Negara-negara yang tergabung dalam BRICS yakni Brasil, India, China, dan Afrika Selatan juga mendapat kiriman salam dari Putin.

Mantan Anggota KGB ini menyampaikan salam kepada Perdana Menteri (PM) Kanada Stephen Harper, PM Jepang Shinzo Abe, PM Italia Matteo Rensi, PM Israel Benjamin Netanyahu.

Putin tentu tak lupa dengan pemimpin negara sekutunya yang selama ini berseberangan dengan AS. Mereka adalah Presiden Kuba Raul Castro dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Namun, tidak ada salam khusus kepada Presiden Joko Widodo maupun mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal ini tampaknya karena kedua kepala negara tidak mengadakan kunjungan dan perjanjian bilateral khusus sepanjang tahun ini.

Meski begitu, pada 30 Desember, Putin telah mengirimkan ucapan belasungkawa kepada Jokowi atas kecelakaan yang menimpa Pesawat Air Asia jurusan Surabaya-Singapura.

“Kami berbagi kesedihan dengan mereka yang kehilangan keluarga dan teman dalam bencana ini,” kata Putin dalam pesan lewat telegram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Kremlin.ru
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper