Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Politik Uang dalam Penjaringan Calon Ketua PDIP Jembrana?

NEGARA-- PDIP Kabupaten Jembrana, Bali, membantah penjaringan calon ketua DPC hanya formalitas, meskipun lima nama yang terjaring diserahkan ke DPP untuk diseleksi lagi.
Kampanye pemilu PDIP/Antara
Kampanye pemilu PDIP/Antara

Bisnis.com, NEGARA--  PDIP Kabupaten Jembrana, Bali, membantah penjaringan calon ketua DPC hanya formalitas, meskipun lima nama yang terjaring diserahkan ke DPP untuk diseleksi lagi.

"Memang DPP akan menyeleksi lima nama yang terjaring, untuk dikerucutkan menjadi tiga orang. Tapi jumlah dukungan dari ranting saat penjaringan, juga menjadi pertimbangan utama," kata Sekretaris DPC PDIP Jembrana Ketut Sugiasa di Negara, Sabtu (13/12/2014).

Dikatakan, seleksi yang dilakukan DPP untuk mendapatkan ketua DPC yang berkualitas, baik dari jumlah dukungan struktur partai di bawah, kemampuan manajerial, hingga kekuatan ideologinya.

"Kalau partai ingin maju harus dipimpin oleh orang yang lengkap kemampuannya. Inilah tujuan dari proses pemilihan ketua DPC di PDIP," ujarnya.

Disinggung politik uang untuk mendapatkan dukungan suara dari ranting, dia mengaku  dirinya tidak tahu hal tersebut, dan tidak mengikutinya meskipun namanya muncul dalam penjaringan di Kecamatan Negara dan Jembrana dengan jumlah dukungan paling besar.

Dalam penjaringan di Kecamatan Jembrana, Jumat (12/12/2014), dia mengatakan dirinya mendapatkan 9 dukungan, Putu Artha 8 dukungan, I Made Kembang Hartawan 6 dukungan dan Ida Bagus Susrama 5 dukungan.

Sebelumnya, dalam penjaringan di Kecamatan Melaya, I Ketut Sugiasa juga unggul dengan 8 dukungan, disusul Ketut Sudiasa dan Ida Bagus Susrama masing-masing 7 dukungan, I Putu Artha 6 dukungan dan I Made Kembang Hartawan 5 dukungan.

Lima nama yang sementara muncul dalam penjaringan di dua kecamatan tersebut memegang jabatan strategis di pemerintahan, seperti I Putu Artha yang menjabat sebagai Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan sebagai Wakil Bupati, I Ketut Sugiasa menjabat Ketua DPRD, Ida Bagus Susrama menjabat Ketua Komisi C dan Ketut Sudiasa sebagai Ketua Fraksi PDIP.

Rencananya penjaringan di Kecamatan Melaya akan dilakukan petang hingga malam hari ini, disusul Kecamatan Mendoyo dan Pekutatan.

Sebelumnya Sugiasa mengungkapkan, proses pemilihan Ketua DPC PDIP tidak melalui voting, tapi melalui musyawarah dan Rapat Kerja Cabang (Rakercab).

"Kalau tidak ada titik temu dalam musyawarah Rakercab, penentuan Ketua DPC akan diambilalih oleh DPP partai," katanya.

Dalam penjaringan, setiap ranting desa bisa menyampaikan dukungan untuk tiga nama yang berbeda. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

MIRAS OPLOSAN: Okky Sebut Ahok Tuna-Sensitif

LONGSOR BANJARNEGARA: Hujan Deras, Evakuasi Dihentikan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper