Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Penyiksaan Oleh CIA Bakal Dibukukan

Salah satu penerbit independen di New York tengah menerbitkan laporan Senat AS mengenai CIA dan penyiksaan, dalam bentuk buku setebal 480 halaman ini karena beranggapan laporan ini mesti dilihat oleh sebanyak mungkin pembaca.
CIA/
CIA/

Bisnis.com, NEW YORK—Salah satu penerbit independen di New York tengah menerbitkan laporan Senat AS mengenai CIA dan penyiksaan, dalam bentuk buku setebal 480 halaman ini karena beranggapan laporan ini mesti dilihat oleh sebanyak mungkin pembaca.

Penerbit bernama Melville House ini menyebut edisinya mengenai laporan Senat tentang "teknik interogasi yang diperkuat" ini akan berada di toko buku-toko buku Desember ini dengan harga 16,95 dolar AS.  Edisi onlinenya juga bisa didapatkan.

Edisi gratis PDF sudah tersedia online di situs Komite Intelijen Senat yang memublikasikan laporan ini Rabu lalu.

"Ini kemungkinan besar adalah dokumen pemerintah paling penting dalam generasi kita, bahkan salah satu yang paling penting dalam sejarah demokrasi kita," kata pendiri Melville House, Dennis Johnson.

Sebagai dokumen resmi pemerintah AS, laporan berjudul asli "Committee Study of the Central Intelligence Agency's Detention and Interrogation Program" ini bebas dari hak cipta.

Berkantor pusat di Brooklyn dan didirikan setelah Serangan 11 September 2001, Melville House pernah menerbitkan karya sastra peraih Nobel karangan Imre Kertesz dan Heinrich Boll.

Untuk non fiksi, penerbit ini menerbitkan "Torture Taxi" karangan Trevor Paglen dan A.C.  Thompson, yang mengupas program rahasia CIA.

"Melville House didirikan untuk tujuan mencoba membicarakan apa yang terjadi pada masa pemerintah mantan presiden George W. Bush," kata Johnson.

"Kami merasa adalah tugas kami untuk mencoba dan mendapatkan laporan ini untuk disajikan kepada pembaca dengan seluas mungkin," sambung dia. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper