Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarik Menarik Kepengurusan Ganda Partai Golkar Akan Menguat

Pengamat komunikasi politik Universitas Indonesia Ari Junaedi mengatakan tarik-menarik kepengurusan ganda Partai Golkar di waktu yang akan datang akan semakin menguat.
Dua ketua umum Partai Golar --Aburizal Bakrie dan Agung Laksono-- dalam satu kesempatan./JIBI
Dua ketua umum Partai Golar --Aburizal Bakrie dan Agung Laksono-- dalam satu kesempatan./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -  Pengamat komunikasi politik Universitas Indonesia Ari Junaedi mengatakan tarik-menarik kepengurusan ganda Partai Golkar di waktu yang akan datang akan semakin menguat.

"Karena pengurus Golkar baik versi munas Nusa Dua, Bali dan munas versi Ancol, Jakarta tampak nya memilih sikap politik "head to head"," ujar Ari Junaedi di Jakarta, Senin (8/12/2014).

Menurut dosen Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini, jika Golkar Ical memilih setia untuk berada di Prabowo, maka Golkar Agung mendukung Jokowi. Jika Golkar Ical menolak perppu pilkada maka Golkar Agung mengamini perppu pilkada.

"Dari sisi positioning politik, Golkarnya Agung sangat cerdas membaca perkembangan politik yakni memilih untuk berada di kubu Jokowi mengingat era pemerintahan sekarang ini berpotensi akan semakin kuat jika program-program kerakyatan dari hasil pengalihan subsidi BBM berhasil," ujar dia.

Dari sisi marketing politik, lanjutnya, kubu Golkar-nya Ical tidak cerdas dalam membaca suasana kebatinan rakyat sekarang ini yang memusuhi pilkada melalui DPRD. Sebaliknya Golkar bloknya Agung terlihat pintar menyikapi harapan publik untuk kelangsungan terus pilkada langsung.

"Jadi saya bisa prediksikan, Golkar-nya Agung Laksono bisa diterima pasar politik sebaliknya Golkar kubunya Ical tidak diterima pasar politik," kata Ari.

Menurut pengajar Program Pascasarjana Universitas Indonesia (UI) ini, potensi adu kuat kepengurusan "ganda" Partai Golkar akan ditentukan oleh proses administrasi di Kementerian Hukum dan HAM serta proses gugatan di pengadilan.

"Seiring dengan makin redupnya usaha-usaha milik Ical serta menurunnya kekuatan Koalisi Merah Putih maka bisa jadi akan marak dengan migrasi politik. Para pendukung Ical akan satu-persatu hijrah dan pindah ke kubunya Agung Laksono,"ujar dia.

Hasil musyawarah nasional (munas) Partai Golkar di Ancol, Jakarta telah memutuskan keterpilihan Agung Laksono sebagai nakhoda baru partai berlambang pohon beringin ini.

Agung didampingi dua rivalnya di pemilihan ketua umum Golkar semalam, Priyo Budi Santoso dan Agus Gumiwang Karsasmita sebagai wakil ketua umum.

Munas Ancol menegaskan komitmen politiknya yang keluar dari Koalisi Merah Putih dan mendukung pemerintahan Jokowi-JK secara kritis. Tidak itu saja, Golkar pimpinan Agung juga mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Perppu Pilkada).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper