Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PDIP Minta Demokrat Konsisten Dukung Pilkada Langsung

Salah satu partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH), PDIP meminta Partai Demokrat bersikap konsisten terkait dengan dukungan opsi pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung.
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 04 Desember 2014  |  17:35 WIB
PDIP Minta Demokrat Konsisten Dukung Pilkada Langsung
Pilkada langsung. PDIP minta Partai Demokrat konsisten - JIBI

Bisnis.com,  JAKARTA—Salah satu partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH), PDIP meminta Partai Demokrat bersikap konsisten terkait dengan dukungan opsi pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung.

Menurut Eva Sundari, juru bicara partai PDIP, dalam mendukung pilkada langsung, Partai Demokrat mempunyai beban ganda karena perppu No. 1/2014 tentang pilkada langsung merupakan warisan dari Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjadi presiden.  

“Perppu itu dikeluarkan oleh SBY untuk menggagalkan UU No. 22/2014 tentang Pilkada yang antara lain mengatur tentang penyelenggaraan pilkada melalui DPRD,” katanya kepada Bisnis, Kamis (4/12/2014).

Jadi, menurutnya, Demokrat yang saat ini menjadi pendukung koalisi merah putih (KMP) harus konsisten mendukung pilkada langsung meski Partai Golkar yang menjadi partai utama penggalang KMP sudah menyatakan menolak.

Meski demikian, Eva menganggap pilkada secara langsung itu merupakan amanat reformasi serta bertujuan memperbaiki kualitas demokrasi. “Sebaiknya semua parpol komitmen sama karena hal tersebut demi kedaulatan rakyat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perppu Pilkada
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top