Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah, Kabupaten Jember Ternyata Punya 67 Pulau Tak Berpenghuni

Badan Pusat Statistik mencatat Kabupaten Jember, Jawa Timur, memiliki sebanyak 67 pulau kecil yang tidak berpenghuni.
Bisa menjadi aset yang luar biasa untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD)./Bisnis
Bisa menjadi aset yang luar biasa untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD)./Bisnis

Bisnis.com, JEMBER - Badan Pusat Statistik mencatat Kabupaten Jember, Jawa Timur, memiliki sebanyak 67 pulau kecil yang tidak berpenghuni.

"Terdapat sebanyak 67 pulau yang semuanya saat ini tidak dihuni manusia, namun jika melihat riwayat sejarahnya ada di antara pulau-pulau itu yang dulu pernah dihuni," kata Kepala BPS Jember Wahyudi di Jember, Senin (24/11/2014).

Dari puluhan pulau tersebut, sebanyak 16 pulau di antaranya sudah memiliki nama yakni Pulau Nusa Barong, Gilen, Leande/Batu Mandi, Endokdokan, Watuajir, Matikan, Sraja, Meran, Moestaka, Loe Toeng, Karang Bolong, Watoepager, Pisang, Bandealit, Singa, dan Merue.

"Dari 16 pulau yang sudah memiliki nama, tiga pulau merupakan kawasan suaka alam, yakni Pulau Nusa Barong, Gilen, dan Leande," tuturnya.

Menurut dia, perkiraan luas masing-masing belasan pulau yang bernama tersebut bervariasi dari yang terbesar yakni Pulau Nusa Barong mencapai 7.482 hektare, sedangkan yang terkecil adalah Pulau Watoepuger dengan luas 1,25 hektare.

Pulau Nusa Barong merupakan kawasan Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur III di Jember karena masuk kawasan konservasi alam.

"Sebagian besar pulau yang sudah memiliki nama merupakan kawasan semak belukar atau rumput, sedangkan 51 pulau lainnya yang tidak memiliki nama merupakan pulau karang," katanya.

Sementara dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Pemkab Jember tercatat Kabupaten Jember memiliki sebanyak 82 pulau dan 16 pulau di antaranya memiliki nama.

"Kami baru mengetahui kalau Jember memiliki banyak pulau pada saat pembahasan RPJP beberapa pekan lalu," kata Sekretaris Komisi A DPRD Jember, Lukman Winarno.

Menurut dia, Pemkab Jember seharusnya memperhatikan puluhan pulau yang berada di sekitar pesisir pantai selatan itu karena bisa menjadi aset yang luar biasa untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

"Minimal pemkab harus melakukan pendataan terhadap pulau-pulau tersebut karena kalau tidak didata maka bisa diincar oleh pihak asing," ucap politisi PDI Perjuangan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper