Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASPIRASI ANDA: Subsidi BBM untuk Angkutan Umum

Kita semua tahu betapa pertumbuhan kendaraan bermotor pribadi yang digunakan di jalan raya meningkat luar biasa sementara fasilitas jalan raya dan angkutan umum nyaris terbengkalai.
Antrean BBM di SPBU. /
Antrean BBM di SPBU. /

Kita semua tahu betapa pertumbuhan kendaraan bermotor pribadi yang digunakan di jalan raya meningkat luar biasa sementara fasilitas jalan raya dan angkutan umum nyaris terbengkalai. Padahal subsidi bahan bakar minyak (BBM) kepada mereka yang memiliki kendaraan motor pribadi luar biasa besarnya sehingga membuat pembengkakan ekonomi yang tidak perlu.

Oleh karenanya, pemerintah harus meng- ubah cara pandangnya secara kreatif out of the box atau beyond ordinary thinking dengan menggeser subsidinya selama ini pada BBM beralih dengan menyubsidi angkutan umum di bidang pelayanan transportasi rakyat.

Mekanisme dan prosedur pemberian subsidi dapat dikaji dan dijabarkan lebih lanjut, tetapi yang terpenting pihak pemerintah harus menampakkan terlebih dahulu niat untuk memerhatikan angkutan umum. Sebab jika subsidi BBM dicabut, yang paling menderita adalah angkutan umum dan rakyat kebanyakan yang terkait dengan moda transportasi umum tersebut.

Merekalah yang akan merasakan dampak langsung dari pencabutan subsidi BBM. Oleh karena itu harus ada komitmen pemerintah berpihak kepada mereka sebelum memutuskan penarikan subsidi BBM.

Bentuk-bentuk subsidi bisa saja berupa misalnya pengurangan biaya STNK, kir, izin trayek dan sejenisnya. Termasuk pula dalam kaitan ini memberantas pungutan liar.

Pengirim:
Aries Musnandar
Srigading Dalam 45, Malang, Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Bisnis Indonesia edisi 24/11/2014
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper