Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Balikpapan Siapkan Aturan Pendelegasian Izin Usaha Mikro dan Kecil Ke Camat

Pemerintah Kota Balikpapan masih mematangkan draf peraturan wali kota sebagai dasar pendelegasian pemberian izin usaha mikro dan kecil ke camat
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 19 November 2014  |  14:06 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Pemerintah Kota Balikpapan masih mematangkan draf peraturan wali kota sebagai dasar pendelegasian pemberian izin usaha mikro dan kecil ke camat.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Balikpapan Doortje Marpaung mengatakan pemerintah telah mengeluarkan Perpres No. 98/2014 tentang Perizinan Untuk Usaha Mikro dan Kecil pada September. Dengan dasar aturan tersebut, izin untuk usaha mikro dan kecil nantinya dikeluarkan camat.

“Kami masih proses Perwali karena perlu ada dasar hukumnya untuk pendelegasian itu,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (19/11/2014).

Doortje mengatakan pelaku usaha mikro dan kecil akan semakin mudah melengkapi perizinan usahanya karena prosesnya lebih dekat. Bahkan apabial diperlukan, camat dapat mendelegasikan wewenang tersebut kepada lurah karena pertimbangan karakteristik wilayah.

Dia menyebutkan aturan tersebut akan segera dilakukan ketika proses pembuatan dasar hukum tersebut selesai dilakukan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

usaha kecil usaha mikro
Editor : Rachmad Subiyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top