Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemberdayaan Daerah, 3.500 Desa Masuk Program Gerakan Desa Mandiri

Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyiapkan 3.500 desa di Indonesia masuk dalam program 'Gerakan Desa Mandiri'.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 15 November 2014  |  16:56 WIB
Pemberdayaan Daerah, 3.500 Desa Masuk Program Gerakan Desa Mandiri
Ilustrasi - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyiapkan 3.500 desa di Indonesia masuk dalam program 'Gerakan Desa Mandiri'.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah (PDT) dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan gerakan itu diluncurkan pada 2015 bersama dengan delapan program prioritas lainnya.

"Ada juga pendampingan dan penguatan kapasitas kelembagaan dan aparatur di 3.500 desa pada 2015," ujarnya dalam Seminar 'Membangun Indonesia dari Desa dan Pinggiran' di Fakultas Ekonomika Bisnis, Universitas Gadjah Mada Yogya, Sabtu (15/11/2014).

Menurut Marwan langkah itu merupakan upaya penyelarasan sesuai arah kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, pemerataan pembangunan, dan pertumbuhan perekonomian.

Gerakan Desa Mandiri, katanya, merupakan salah satu implementasi dari UU Desa No.6/2014 yang mencakup visi pemberdayaan desa menuju wilayah yang lebih kuat, maju, mandiri, demokratis, dan sejahtera.

"Namun, yang dipermasalahkan adalah kewenangan yang terlalu besar sehingga pemerintah kabupaten maupun kota tidak bisa melakukan kontrol. Ini yang akan mendapatkan perhatian," katanya.

Kementrian Desa, PDT, dan Transmigrasi secara resmi akan melaksanakan program kerja melalui paket Nawakerja Prioritas dengan kerangka pikir menyesuaikan strategi Nawacita pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla.

Sesui UU Desa, beberapa prioritas pembangunan segera dilaksanakan menuju daerah mandiri, makmur, sehat dengan mengutamakan kegotongroyongan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup SDM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

desa
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top