Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rakor Menko PMK: Tuntaskan Tiga Agenda Prioritas dari Nawa Cita

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia & Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengadakan rapat koordinasi, membahas tiga agenda prioritas dari Nawa Cita.
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia & Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani/Bisnis
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia & Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani/Bisnis

 Bisnis.com,  JAKARTA--Menteri Koordinator Pembangunan Manusia & Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengadakan rapat koordinasi, membahas tiga agenda prioritas dari Nawa Cita.

Rakor tersebut memastikan agar aspek pembangunan manusia dan kebudayaan, yang ada di Sembilan Agenda Prioritas (Nawa Cita), yang disampaikan pada kampanye pemilihan presiden (Pilpres), diterjemahkan menjadi kebijakan pemerintahan saat ini.

“Kami berdua bertemu sekarang untuk memastikan bahwa berbagai item yang ada di Nawa Cita, yang terkait dengan pembangunan manusia & kebudayaan itu, diterjemahkan menjadi kebijakan untuk kemudian dilaksanakan,” kata Menko PMK Puan Maharani, di Jakarta, usai Rakor di kantornya, Kamis (30/10/2014).

Kedua menteri dari generasi muda tersebut bertemu membahas 3 agenda prioritas, yang merupakan bagian Nawa Cita. Yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, melakukan revolusi karakter bangsa, dan memperteguh kebhineka-an & memperkuat restorasi sosial Indonesia.

Dalam dokumen Nawa Cita di masa kampanye Pilpres, ketiga agenda prioritas tersebut mencakup program, antara lain Indonesia Pintar melalui wajib belajar 12 tahun bebas pungutan, membangun pendidikan kewarganegaraan, serta mengembangkan insentif khusus untuk memperkenalkan dan mengangkat kebudayaan lokal.

Selain itu dalam Rakor juga dibahas mengenai aspek pembangunan pedesaan, dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup manusia, kesejahteraan masyarakat, dan penanggulangan kemiskinan.

“Saya dan Pak Anies sudah berkomitmen dari awal untuk menerjemahkan agenda prioritas dalam Nawa Cita, yang menjadi wewenang kami untuk melaksanakannya menjadi action plan yang konkrit dan terukur. Kami akan pantau terus pelaksanaannya day-by-day, agar semua sinergis dan terkoordinasi,” tambah Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper