Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI PERBATASAN: Pasokan Daging Malaysia Impit Pengusaha Nunukan

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara berpandangan pasokan daging dari Malaysia mempersulit pengusaha daging lokal untuk berkembang.
Daging Sapi Segar/Antara
Daging Sapi Segar/Antara

Bisnis.com, NUNUKAN - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara berpandangan pasokan daging dari Malaysia mempersulit pengusaha daging lokal untuk berkembang.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Nunukan, Jabbar menegaskan kesulitan pedagang daging lokal di daerah itu karena perbedaan harga yang sangat jauh antara daging beku asal Malaysia dengan daging lokal.

Oleh karena itu, sepanjang pasokan daging dari Malaysia tetap dibenarkan masuk ke daerah itu maka perkembangan daging lokal akan sulit bersaing harga, kata dia.

"Sepanjang daging dari Malaysia tetap dibenarkan masuk ke Kabupaten Nunukan maka pengusaha daging lokal akan sulit bersaing. Karena harganya yang jauh berbeda," sebut Jabbar di Nunukan, Rabu (8/10/2014).

Harga eceran daging asal Malaysia yang telah dibekukan itu paling tinggi Rp70.000 per kilo gram sedangkan harga daging lokal paling rendah Rp90.000 per kilo gram.

Ia mengatakan akibat perbedaan harga tersebut pengusaha daging lokal mengalami kerugian karena masyarakat setempat lebih memilih mengonsumsi daging asal Malaysia karena harganya lebih murah walaupun aspek kesehatannya tidak terjamin.

Jabbar menekankan apabila ingin memberdayakan pengusaha daging lokal maka salah satu langkah tepat adalah melarang daging dari Malaysia masuk ke daerah itu.

Menurut dia, daging asal negara tetangga itu sangat sulit dijamin kesehatannya termasuk legalitas barangnya berdasarkan aturan agama Islam karena tidak diketahui apakah pemotongannya telah sesuai dengan ketentuan ajaran agama.

Kepala Dispertanak Kabupaten Nunukan ini berkeinginan, adanya upaya yang lebih tegas lagi dari instansi terkait untuk memperketat pasokan daging asal Malaysia masuk ke Kabupaten Nunukan agar pengusaha daging lokal lebih berdaya.

Sebab, apabila tidak ada tindakan tegas terhadap pemasok daging dari luar negeri itu maka masyarakat setempat akan mengonsumsi daging yang tidak terjamin aspek kesehatan dan spiritualnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper