Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMILIHAN KETUA MPR: Siapakah Oesman Sapta Odang?

Nama Oesman Sapta Odang (OSO) kian menguat dalam pemilihan ketua MPR yang akan digelar siang ini setelah mendapat dukungan dari Koalisi Indonesia Hebat yang dimotori oleh Fraksi PDI Perjuangan di DPR.

Bisnis.com, JAKARTA--Nama Oesman Sapta Odang (OSO) kian menguat dalam pemilihan ketua MPR yang akan digelar siang ini setelah mendapat dukungan dari Koalisi Indonesia Hebat yang dimotori oleh Fraksi PDI Perjuangan di DPR.

Siapakah dan bagaimana kiprah senator asal Kalimantan Barat yang menekuni berbagai bidang usaha itu sebenarnya?

Dari berbagai informasi yang dikumpulkan, Oesman merupakan pengusaha sekaligus politisi kelahiran Sukadana, Kalimantan Barat, 18 Agustus 1950.

Akrab dipanggil OSO, Oesman adalah seorang pendiri Partai Persatuan Daerah dan pernah menjabat sebagai wakil ketua MPR RI periode 1999-2004, menurut sumber informasi Wikipedia sebagaimana dikutip Selasa (7/10/2014).

Terlahir dari pasangan Odang asal Palopo, Sulawesi Selatan dan Asnah Hamid asal Sulit Air, Sumatra Barat, Oesman merupakan pemilik induk perusahaan OSO Group yang bergerak di berbagai bidang.

Selain bergerak di bidang percetakan, pertambangan, air mineral, properti, perkebunan, OSO juga merambah sektor perikanan, transportasi, komunikasi, dan perhotelan.

Oesman tercatat sebagai ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Sedangkan HKTI lainnya dipimpin oleh Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Untuk menunjang pariwisata di kampung halamannya Sulit Air, Oesman membangun sebuah Rumah Gadang sebagai obyek wisata dan tempat informasi. Dia juga mendapat anugerah gelar adat Datuk Bandaro Sutan Nan Kayo dari para tetua adat Sulit Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper