Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI FILIPINA: Presiden Nyatakan Tidak Perlu Bertikai dengan China

Presiden Filipina Benigno Aquino mengatakan Filipina sebaiknya tidak terus bertikai dengan China terkait sengketa perebutan wilayah Laut China Selatan mengingat hubungan perdagangan kedua negara tersebut amat erat.

Bisnis.com, MANILA – Presiden Filipina Benigno Aquino mengatakan Filipina sebaiknya tidak terus bertikai dengan China terkait sengketa perebutan wilayah Laut China Selatan mengingat hubungan perdagangan kedua negara tersebut amat erat.

Menurutnya, Filipina kini dapat lebih menguasai diri untuk tidak memperkeruh suasana. Akibat pertikaian tersebut, China kini ragu-ragu untuk meneruskan kerjasama dagang. Terlebih lagi, beberapa waktu lalu masyarakat Filipina ramai-ramai turun ke jalan menuntut penutupan pabrik China yang beriperasi di negara tersebut.

“Tentu ini menjadi perhatian kita semua, tapi setidaknya China harus memikirkan bahwa mereka harus tumbuh [melalui aktivitas ekspor]. Sulit bagi mereka menutup jalur dagang dengan Filipina,” kata Aquino di Manila, Rabu (24/9).

Seperti diketahui, aktivitas ekspor-impor merupakan nadi pertumbuhan ekonomi Negeri Tembok Raksasa. China dinilai harus memastikan keberlanjutan kerjasama dagang dengan berbagai negara, mengingat saat ini negara tersebut sedang menghadapi keterpurukan pasar properti.

Adapun China merupakan rekan dagang utama Filipina, mengambil porsi 19% dari total transaksi perdagangan Filipina pada 2013. Di sisi lai, perdagangan dengan Filipina hanya terhitung 1% dari seluruh transaksi perdagangan China. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Nurbaiti
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper