Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Likuiditas, Filipina Jajaki Pasar Utang

Pemerintah Filipina memutuskan untuk meningkatkan aktivitas perdagangan di pasar utang, untuk membuka jalan bagi penetapan harga yang lebih kompetitif antara pembeli dan penjual.

Bisnis.com, MANILA – Pemerintah Filipina memutuskan untuk meningkatkan aktivitas perdagangan di pasar utang, untuk membuka jalan bagi penetapan harga yang lebih kompetitif antara pembeli dan penjual.

Bendahara Negara Filipina Rosalia de Leon mengatakan melalui keputusan ini, diharapkan negara tersebut dapat meningkatkan likuiditas pasarnya, dengan tujuan memicu aktivitas ekonomi negara.

“Peningkatan aktivitas perdagangan di pasar utang akan menambahkan setidaknya 800 miliar peso atau setara US$18 miliar pada likuiditas,” ungkap Rosalia di Manila, Selasa (23/9).

Nantinya, pemerintah Filipina akan memperbolehkan lembaga asuransi negara, Government Service Insurance System (GSIS), lembaga penjaminan sosial Social Security System (SSS) dan insitusi bebas pajak lainnya untuk mulaitrading di pasar utang bulan depan.

Diharapkan kegiatan ini akan mereduksi alokasi biaya pinjaman oleh pemerintah, yang sempat mencapai rekor tertinggi karena pembiayaan militer dan pelayanan sosial-ekonomi.

Saat ini, Presiden Benigno Aquino tengan menunggu keputusan Kongres atas pengajuan bujet negaranya untuk 2015 sebesar 2,61 triliun pesom naik 15% dari bujet tahun ini.

“Ini merupakan kabar baik agar kami dapat meningkatkan likuiditas pada portofolio,” kata Presiden GSIS, Robert Vergara. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper