Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Perketat Anak Berkewarganegaraan Ganda

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang membahas Peraturan Bersama tentang tata cara pelaporan anak kewarganegaraan ganda terbatas yang sudah habis masa pelaporannya.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang membahas Peraturan Bersama tentang tata cara pelaporan anak kewarganegaraan ganda terbatas yang sudah habis masa pelaporannya.

Kasubdit Perencanaan Kependudukan Kementerian Dalam Negeri Benny Kamil mengatakan sebelumnya pihak Kemendagri  mencabut Kartu Keluarga dan Kartu TandaPenduduk dan memberikan catatan pinggir pada akta catatan sipilnya.

Saat ini sedang di bahas Peraturan Bersama tentang tata cara pelaporan anak kewarganegaraan ganda terbatas yang sudah habis masa pelaporannya,” ungkapnya dalam diskusi di Royal Kuningan Hotel, Jakarta Selatan, Senin (8/9/2014).

Dia menambahkan, untuk anak yang lahir dari perkawinan campur yang salah satunya orang tuanya WNI, setelah berlakunya Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006, maka akta kelahirannya ditulis WNI.

“Namun pada biodatanya ditulis dua jenis kewarganegaraanya,” jelasnya.

Pencatatan  anak  yang memiliki kewarganegaraan ganda terbatas usia 18 tahun atau paling lambat 21 tahun. Anak yang memiliki kewarganegaraan ganda terbatas berusia 18 tahun atau paling lambat 21 tahun yang telah memilih kewarganegaraan R.I wajib melapor ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Anak yang memiliki kewarganegaraan ganda terbatas berusia 18 tahun atau paling lambat 21 tahun yang memilih kewarganegaraan asing atau tidak  memilih dinyatakan sebagai orang asing,” bebernya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Giras Pasopati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper