Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jenderal Prayuth Diperkirakan Jadi Perdana Menteri Thailand

Penguasa tertinggi militer Thailand Jenderal Prayuth Chan-Ocha diperkirakan akan menjadi perdana menteri Thailand setelah militer berhasil melakukan konsolidasi kekuatan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 21 Agustus 2014  |  08:37 WIB
 Jenderal Prayuth Chan-Ocha - Bloomberg
Jenderal Prayuth Chan-Ocha - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA—Penguasa tertinggi militer Thailand Jenderal Prayuth Chan-Ocha diperkirakan akan menjadi perdana menteri Thailand setelah militer berhasil melakukan konsolidasi kekuatan.

Namun, Prayuth muncul sebagai tokoh populer di negara itu setelah masyarakat sipil yang didukung militer berhasil menjatuhkan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra pada 22 Mei lalu. Dalam sejarah Thailand, kudeta atas pemerintah yang didukung militer telah terjadi sebanyak 12 kali dalam 82 tahun.

“Orang kuat Thailand telah lama menginginkan kekuasaan pemerintahan tertinggi dengan merebut jabatan perdana menteri,” ujar Michael Montesano, koordinator Program Kajian Thailand pada Institute of Southeast Asian Studies di Singapura sebagaimana dikutip Bloomberg, Kamis (21/8/2014).

Menurutnya, Jenderal Prayuth jelas merupakan orang kuat militer yang berada di urutan pertama.

Prayuth, yang juga menjabat sebagai kepala angkatan bersenjata, menyatakan pemerintahan sementara merupakan langkah lanjutan dari program reformasi Thailand sebelum dilakukan pemilihan umum paling cepat pada akhir 2015. Namun demikian masih belum jelas seperti apa reformasi akan dilakukan dan seberapa terbuka sistem pemilihan umum mendatang.

Sejumlah pernyataan Prayuth di depan Dewan Legislatif Nasional yang didominasi kalangan militer dan kelompok elit tradisional, menunjukkan bahwa pemerintahan sementara akan berada di bawah kontrol militer. Pemerintahan sementara itu disebut Dewan Nasional untuk Perdamaian dan Ketertiban.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

militer Krisis Thailand

Sumber : Bloomberg

Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top