Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progam Pencerah Nusantara: Minat Dokter Gigi Sangat Rendah

Dokter gigi menjadi salah satu profesi yang dinantikan oleh program Pencerah Nusantara dari Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millenium Development Goals (KUPKRI MDGs).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Dokter gigi menjadi salah satu profesi yang dinantikan oleh program Pencerah Nusantara dari Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millenium Development Goals (KUPKRI MDGs).

Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDGs Nila Moeloek mengatakan di antara lebih dari seribu tenaga medis hanya ada orang-orang yang mempelajari kedokteran umum. Padalah, permasalahan kesehatan gigi cukup penting untuk diperhatikan.

“Tidak ada [dokter gigi] yang mendaftar, padahal gigi itu merupakan bagian penting pada kesehatan,” ujarnya dalam siaran pers mengenai program Pencerah Nusantara angkatan ke-3 di Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Pencerah Nusantara merupakan progam yang dibentuk oleh KUPKRI MDGs setelah mengadakan ajang MDG Awards pada 2011.

Program ini mengirim tenaga medis muda di bawah 30 tahun seperti dokter, bidan, perawat, ahli gizi, serta pemerhati kesehatan dan lingkungan ke tujuh desa terpencil di Indonesia.

Para tenaga medis muda ini akan dikirim ke daerah-daerah pada 17 September mendatang untuk tinggal di sana selama satu tahun.

Para peserta dijaring dari proses seleksi yang ketat dari Sabang hingga Merauke. Ke 35 pemuda dan pemudi tersebut akan dikelompokan menjadi  lima orang perkelompok ke daerah-daerah yang telah ditentukan.

Tahun ketiga ini akan menjadi sebuah evaluasi sebelum berganti pemerintahan baru.

Oleh sebab itu, Nila mengatakan  bahwa salah satu rekomendasinya kelak saat pergantian pemerintah baru adalah menyarankan agar menempatkan dokter gigi ke daerah terpencil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inda Marlina
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper