Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PESAWAT MALAYSIA MH17 JATUH: Siapa yang Dimaksud PM Ukraina Sebagai 'Gorilla Mabok'?

Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk dalam komentarnya yang dipublikasikan Minggu menuding Rusia diduga berada di balik penembakan pesawat Malaysia karena operasi semacam itu membutuhkan tenaga profesional dan bukan oleh gorila mabuk.
  Puing Pesawat Malaysia MH-17. /
Puing Pesawat Malaysia MH-17. /

Bisnis.com, BERLIN--Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk dalam komentarnya yang dipublikasikan Minggu menuding Rusia diduga berada di balik penembakan pesawat Malaysia karena operasi semacam itu membutuhkan tenaga profesional dan bukan oleh 'gorila mabuk'.

"Personal sangat profesional dibutuhkan untuk menemukan target dan menembakkan rudal," katanya kepada harian Jerman mengenai tersangka yang menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17 di wilayah udara Ukraina dan menewaskan 298 penumpangnya.

"Kemungkinan orang-orang semacam ini berasal dari Rusia," katanya seperti dikutip harian tersebut dan diterjemahkan dalam bahasa Jerman.

Yatsenyuk menduga kelompok pemberontak pro-Rusia kemungkinan tidak menembakkan rudal itu sendiri. "Kami tahu bahwa sistem seperti itu tidak bisa dioperasikan oleh gorila mabuk", demikian dilaporkan harian Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung mengutip PM Ukraina.

PM juga mengatakan bahwa pasukan Ukraina tidak pernah menggunakan rudal dalam konflik dan bahwa semua rudal darat-ke-udara Ukraina ditempatkan di lokasi yang lain. "Kami bersiap untuk memublikasikan semua bukti dan lokasi".

Yatsenyuk menekankan bahwa konflik di Ukraina bukanlah perang sipil melainkan intervensi yang dipimpin Rusia, dan menggambarkannya hal itu 'dipimpin Rusia, didukung Rusia, didanai Rusia dan diorganisir oleh Rusia'.

Dia menambahkan bahwa sekarang saat yang tepat untuk menghentikan agresi Rusia.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Jerman meminta agar penyelidik independen segera diberi akses tak terbatas ke lokasi jatuhnya pesawat di kawasan yang dikuasai pemberontak di timur Uktaina.

"Siapa pun yang menghambat investigasi tengah menyembunyikan sesuatu atau tidak punya hati," kata Frank-Walter Steinmeier seperti dikutip harian Bild. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Antara, Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper