Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY Tiba di Tanah Air Tanpa Disambut Menteri

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiba di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (20/1), tanpa sambutan para menteri yang biasanya berbaris di kaki tangga pesawat kepresidenan.

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tiba di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (20/1), tanpa sambutan para menteri yang biasanya berbaris di kaki tangga pesawat kepresidenan.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, hanya Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Kapolri Jenderal Sutarman, serta Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Marsetio dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Ida Bagus Putu Dunia yang menyambut kedatangan presiden beserta Ibu Negara di ujung tangga pesawat.

Biasanya, setiap kali Presiden SBY kembali dari lawatan luar Negeri, beberapa menteri dan Wapres Boediono akan berbaris menyambut di dekat pintu keluar pesawat.

Para petinggi pemerintahan itu akan berjalan beriringan menuju ruang tunggu VVIP Gedung Sasana Manggala yang berlokasi tak jauh dari tempat berhenti pesawat.

Selanjutnya, saat hendak memasuki mobil dinas berpelat nomor RI1 di pintu utama gedung, Kepala Negara juga dibuat terpana oleh sikap para menterinya.

Selama beberapa menit lamanya, Presiden terlihat berdiri dan terdiam menyaksikan sejumlah menteri yang telah terlebih dahulu keluar dari gedung dan menuju mobil dinas masing-masing.

Hal ini berbeda dari biasanya, yaitu biasanya para menteri akan berdiri rapi menunggu Presiden terlebih dahulu masuk ke dalam mobil dan meninggalkan lokasi. Setelah SBY berlalu, biasanya, baru para pembantu Presiden akan bubar jalan menuju kendaraan dinas masing-masing.

Oleh karena para menteri bergerak cepat ke mobil dinas masing-masing, para wartawan yang sebelumnya berjajar rapi tidak jauh dari lokasi mobil RI1 pun bergegas mengejar para menteri itu.

Lengkap dengan kamera masing-masing. Hanya beberapa wartawan yang masih berada menyaksikan Kepala Negara memasuki kendaraan dinasnya.

Sore ini, Jumat (20/1), SBY yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta rombongan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan pesawat kepresidenan yang disewa dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Presiden tiba di Jakarta setelah menempuh perjalanan udara selama 10 jam dari Bandara International Nadi, Republik Fiji.

Di Fiji, SBY melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden dan Perdana Menteri setempat serta menjadi tamu utama dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-2 The Pacific Island Development Forum.

Beberapa menteri yang terlihat mendampingi presiden dalam lawatannya antara lain Menteri Luar Negeri Marty M. Natalegawa, Menko bidang Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Perikanan dan Kelautan Sharif Cicip Sutardjo, serta Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Seperti diketahui, SBY akan segera lengser dari jabatannya sebagai orang nomor 1 di Indonesia. Serah terima jabatan antara SBY dengan presiden penggantinya dijadwalkan pada 20 Oktober 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper