Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) Buka Cabang di Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi dan Universitas Airlangga (Unair) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pendirian salah satu kampus negeri terbaik itu di Banyuwangi.nn
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 11 Juni 2014  |  08:50 WIB
Gedung Auditorium Unair  - arif/nma.com
Gedung Auditorium Unair - arif/nma.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemkab Banyuwangi dan Universitas Airlangga (Unair) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pendirian salah satu kampus negeri terbaik itu di Banyuwangi.

MoU ditandatangani oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Rektor Unair Fasich di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

"Dalam MoU ini, kami semua bersepakat untuk mendorong penyelenggaraan Unair di Banyuwangi. Pemkab dan Unair akan saling mendukung," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melalui siaran pers, Rabu (11/6/2014).

Mulai tahun ini, sudah ada empat program studi yang dibuka di Unair yang ada di Banyuwangi, yaitu Kedokteran Hewan, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat, dan Budidaya Perairan, dengan kapasitas masing-masing kursi 50.

Anas mengatakan pengembangan pendidikan tinggi diharapkan bisa menggairahkan iklim pendidikan di Banyuwangi. Budaya riset diyakini bisa meningkat dan memberi kontribusi bagi pengembangan berbagai sektor di kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa itu.

Misalnya, dengan adanya program studi budidaya perairan dan kedokteran hewan bisa membantu menyelesaikan problem-problem sektor perikanan dan peternakan di Banyuwangi.

"Kami memang sengaja meminta Kemendikbud dan Unair untuk hanya membuka program studi yang relevan dengan kondisi sosial-ekonomi di tingkat lokal," kata Anas.

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Dr Ir Djoko Santoso mengapresiasi langkah Banyuwangi dalam memacu kualitas SDM lewat pengembangan pendidikan tinggi.  "Banyuwangi ini cerdas karena bisa membawa perguruan tinggi kelas dunia seperti Unair ke Banyuwangi," tuturnya.

Rektor Unair Fasich mengatakan, pihaknya berharap kehadiran Unair bisa berkontribusi dalam upaya pemerataan dan pembangunan daerah Banyuwangi.

Dia mengungkapkan pembangunan di Banyuwangi yang pesat diharapkan bisa semakin diakselerasi dengan kehadiran Unair.

Selain dampak pendidikan, kehadiran Unair juga akan meningkatkan kegiatan ekonomi karena bisa menarik uang masuk ke Banyuwangi dari mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas airlangga
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top