Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Informasi Geospasial Perlu Jadi One Single Map

Bisnis.com, JAKARTAKepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Asep Karsidi memandang perlunya geospasial dijadikan one single map dengan standar yang diakui bersama dalam pemetaan wilayah untuk membantu pemerintah membuat perencanaan pembangunan yang bijak.

Bisnis.com, JAKARTA—Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Asep Karsidi memandang perlunya geospasial dijadikan one single map dengan standar yang diakui bersama dalam pemetaan wilayah untuk membantu pemerintah membuat perencanaan pembangunan yang bijak.

Dalam Rakornas Informasi Geospasial di Jakarta, Selasa (10/6/2014) yang diikuti seluruh pemerintahan provinsi, kabupaten dan kota, Asep menyatakan pentingnya komitmen seluruh pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan industri untuk memanfaatkan data dan peta geospasial.

“Untuk membantu pemerintah, rujukan dengan data yang akurasinya terjaga dengan standar tinggi tentu amat diperlukan,” ujarnya.

Dia menuturkan Rakornas itu penting untuk menerima masukan dan membuat rumusan koordinasi untuk meningkatkan kualitas pemetaan atau informasi geospasial untuk mendukung pemerintah membuat keputusan yang tepat dalam perencanaan pembangunan dan tata ruang.

“Informasi geospasial harus menjadi one single map sebagai rujukan kita bersama,” katanya.

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mendukung penuh upaya koordinasi informasi geospasial, sehingga diharapkan mampu menigkatkan mutu perencanaan pembangunan terutama di daerah.

“Daerah harus memanfaatkan kesempatan ini. Karena informasi geospasial memudahkan pemerintah membuat kebijakan soal tata ruang, termasuk menyelesaikan persoalan perbatasan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper