Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Tangerang Kembangkan Waralaba Bagi UKM

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Tangerang, Banten, mengembangkan sistem perdagangan waralaba (franchise) bagi pelaku UKM yang serius menjadi binaan pemerintah daerah.

Bisnis.com, TANGERANG—Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Tangerang, Banten, mengembangkan sistem perdagangan waralaba (franchise) bagi pelaku UKM yang serius menjadi binaan pemerintah daerah.

Sugeng, Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Tangerang mengatakan Pemkot Tangerang saat ini sedang mendorong para pelaku UKM di bidang kuliner untuk terus mengembangkan usahanya melalui metode waralaba.

“Saat ini baru satu UKM binaan kita yang telah sukses menerapkan sistem waralaba. Berawal dari satu restoran, sekarang telah tersebar sembilan unit restoran dengan merek yang sama di Kota Tangerang,” ujarnya kepada Bisnis,Rabu (28/5/2014).

Menurutnya, selain memberikan pelatihan manajemen pengelolaan usaha, pemerintah daerah juga memfasilitasi pertemuan para UKM binaan yang memiliki jenis usaha saling terkait. Dia mencontohkan untuk UKM kuliner dipertemukan dengan pemasok bumbu masakan dan sejenisnya.

Dengan begitu menurutnya, akan tercipta kesinergisan antar sesama pelaku UKM di Kota Tangerang. Selain itu, pemerintah daerah juga melatih mental pelaku UKM untuk jujur dan bertanggung jawab dengan mengajarkan sistem cash and carry dalam metode pembelian barang.

Perihal kebutuhan dana bagi pelaku UKM, Sugeng mengatakan 3 tahun belakang Pemkot terus memfasilitasi pertemuan antara UKM dengan pihak perbankan. UKM binaan menurutnya akan lebih mudah mendapat pinjaman modal dari bank dengan bunga ringan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper