Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Koperasi Simpan Pinjam Dorong Sistem Pelaporan Secara Online

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah mendorong modernisasi manajemen koperasi simpan pinjam (KSP) melalui sistem pelaporan online terintegrasi ke pusat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah mendorong modernisasi manajemen koperasi simpan pinjam (KSP) melalui sistem pelaporan online terintegrasi ke pusat.

Kepala Dinkop UMKM Jateng Sujarwanto Dwiatmoko meminta kesadaran koperasi simpan pinjam untuk menerapkan teknologi informasi berbasis Internet guna mempermudah pelaporan keuangan.

“Dipergunakan untuk laporan triwulan tepat waktu, paperless, efisien dan bisa segera dievaluasi jika ada kekeliruan,” jelasnya dalam bimbingan teknis dan sosialisasi monitoring kinerja KSP berbasis Internet, Rabu (21/5/2014).

Jarwanto menilai langkah penerapan sistem pelaporan online di Jateng masih dalam tahap sosialisasi untuk sejumlah 845 KSP tingkat provinsi dalam kategori sehat dan agak sehat.

Dinkop UMKM mencatat total jumlah koperasi di Jateng mencapai 27.499 unit dengan jumlah aktif 22.188 unit dan sisanya 5.311 tidak aktif. Dari jumlah itu, sebanyak 21.928 unit diantaranya merupakan KSP.

“KSP sehat di provinsi baru 15%, cukup sehat 65% sisanya tidak sehat. Dinas sedang berupaya mengembangkan koperasi yang sehat menjadi 70%, cukup sehat 20% sisanya tidak sehat,” tegasnya.

Langkah itu setidaknya telah dilakukan melalui pemantauan laporan kinerja koperasi di tiap daerah sekaligus intervensi kinerja dalam rangka penyehatan koperasi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper