Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI AFRIKA: China Tawarkan Pinjaman US$2 Miliar

Di tengah kesibukan menyusun langkah-langkah untuk melakukan reformasi ekonomi, dalam kunjungannya ke benua Afrika, Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan akan mengucurkan bantuan sebesar $12 miliar.

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah kesibukan menyusun langkah-langkah untuk melakukan reformasi ekonomi, dalam kunjungannya ke benua Afrika, Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan China akan mengucurkan bantuan sebesar US$12 miliar.

Di samping itu, PM Li menawarkan bantuan teknologi untuk membangun kereta cepat di benua hitam.

Li menggambarkan sebuah impian kelak seluruh kota-kota di Afrika terhubung dengan kereta berkecepatan tinggi, sehingga akan mendorong komunikasi dan pembangunan di seluruh Afrika.

“China telah mengembangkan teknologi pada bidang ini dan siap bekerjasama dengan Afrika untuk mewujudkan  impian tersebut,” katanyadi Addis Ababa, Senin (5/5/2014).

Pejabat pemerintah China menyampaikan bahwa kunjungan Li ke Afrika yang juga membahas mengenai industri minyak di Nigeria dan Angola, tidak hanya berkutat pada kesepakatan energi. China menyampaikan komitmen untuk menaikkan taraf hidup masyarakat Afrika.

Li menyampaikan bahwa pinjaman yang ditawarkannya akan bermanfaat untuk mendukung aktivitas usaha kecil-menengah di Afrika dan bakal mendorong ekonomi kedua belah pihak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper